Bumi makin Panas, DLH Tabalong Sosialisasikan Proklim

oleh -490 views
DLH Tabalong Gelar Kegiatan Sosialisasi PROKLIM Di Aula Penghulu Rasyid Kantor Pemkab Tabalong Tanjung (25/3).(Ahmad Fauzie)

TANJUNG, Kalselpos.com – Dirjend Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan Region Kalimantan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Tabalong, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Kepala BAPPEDA,
camat, lurah, dan kelompok-kelompok masyarakat peduli lingkungan serta para pelaku dunia usaha di Kabupaten Tabalong, berkumpul dan berdialog dalam kegiatan sosialisasi program Kampung iklim (proklim) tahun 2019, di Aula Penghulu Rasyid Kantor Pemkab Tabalong Jalan Pangeran Antasari Kota Tanjung Tabalong, Senin (25/3/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong ini dihadiri dan dibuka Bupati Tabalong yang dalam hal ini diwakili Asisten III (Administrasi) H Aberani Abrar.

selaku pimpinan di jajaran pemerintahan,Bupati kabupaten Tabalong, H.Aberani Abrar. menyambut baik dan menilai positif atas diselenggarakannya sosialisasi program Kampung iklim tahun 2019 ini.

Baca Juga ==>DLH Tabalong sosialisasikan PROKLIM

“Acara ini, tentunya diselenggarakan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat guna melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan Emisi Gas Rumah Kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah,” papar Aberani.

Ia berharap, kegiatan ini jangan hanya berhenti pada sosialisasi saja,namun yang lebih penting bisa melakukan serangkaian kegiatan dalam upaya menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca.

“Sebagai bentuk upaya penanggulangan dampak perubahan iklim. Seperti diketahui bersama bahwa kondisi lingkungan kita saat ini menunjukkan kecenderungan adanya penurunan kualitas. Akhir-akhir ini yang paling hangat dan sangat menarik perhatian adalah global warming. Pemanasan global memicu terjadinya perubahan iklim yang memberikan pengaruh signifikan terhadap kehidupan manusia,” jelasnya.

Pemanasan Global yang menyababkan Perubahan Iklim di muka bumi, termasuk di indonesia. telah menyebabkan berubahnya pola hujan, naiknya muka air laut, terjadinya badai dan gelombang tinggi serta dampak merugikan lainnya yang mengancam kehidupan masyarakat.

Perubahan iklim dapat meningkatkan risiko terjadinya bencana terkait iklim seperti kekeringan dan banjir,longsor, gagal panen serta meningkatnya wabah penyakit terkait iklim seperti malaria, demam berdarah dan diare.

Baca Juga ==>DLH Tabalong sosialisasikan PROKLIM

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider