Ada Pulau Rusa di Riam Kanan

oleh -188 views

MARTAPURA, Kalselpos.com – Sebuah pulau seluas 4,5 hektar yang diberi nama Pulau Rusa di Waduk Riam Kanan, Kabupaten Banjar dijadikan tempat pelepasliaran rusa tutul yang didatangkan dari Istana Bogor.

Proses pengenalan lingkungan bagi tujuh ekor rusa dilaksanakan Jumat (8/3/2019) siang. Rusa – rusa dimasukkan dalam areal isolasi untuk pengenalan lingkungan.

Lokasi pulau rusa tidak jauh dari dermaga Riam Kanan. Untuk menuju pulau hanya diperlukan waktu 15 menit dengan naik perahu bermesin atau klotok.

“Pulau Rusa akan menjadi destinasi wisata baru di area Waduk Riam Kanan, bisa menambah hasanah wisata baru yang bisa menarik penujung wisatawan. Kita kedepannya sudah tidak lagi bisa mengandalkan kekayaan alam sektor batu bara,” ujar Sekda Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie, yang ikut dalam pelepasan Rusa kepada wartawan.

Haris berujar, kedepannya, sektor wisata seperti pulau rusa ini lah yang bisa menambah penghasilan bagi daerah. “Tentu dengan formulasi aturan dan penataan yang bagus dari sisi fasilitasnya, dan kedepan akan diperbagus,” cetusnya.

Kadishut Prov Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan ada tujuh Rusa Tutul yang didatangkan langsung dari Istana Bogor.

“Kami terus menyempurnakan fasilitas dengan melakukan perbaikan secara bertahap. Kami harapkan pagar selesai dalam dua minggu kedepan sehingga rusa tidak bisa kabur keluar pulau,” ujar Hanif.

Hanif menjelaskan, luas pulau rusa 4,5 hektar dan kapasitas rusa bisa mencapai 100 ekor. “Dengan pulau seluas ini, 100 ekor bisa kita lepasliarkan. Untuk makanannya sendiri sementara adalah sengkong. Kami juga mendatangkan dokter hewan setiap dua minggu sekali untuk melakukan perawatan,” tandasnya.

Penulis : Anas Aliando
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments