Kebakaran Rumdin PN Banjarmasin, terindikasi Sabotase

oleh -939 views
Afandi Widarijanto SH

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Terindikasi ada sabotase, musibah kebakaran yang menimpa rumah dinas (rumdin) Pengadilan Negeri Banjarmasin, Jalan Gandaria II RT 11 Nomor 42, Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, pada Senin (25/3) lalu, akhirnya dilaporkan ke polisi.

Dugaan adanya sabotase atau ada orang yang terindikasi sengaja membakar rumdin itu, sudah dilaporkan secara resmi ke Polsekta Banjarmasin Timur, Rabu (27/3) lalu, ungkap Humas PN Banjarmasin, Afandi Widarijanto SH, kepada wartawan, Kamis (28/3) petang.

Disebutkan, pihaknya membuat laporan ke polisi, karena adanya temuan yang diduga barang bukti adanya barang yang digunakan  untuk membakar. “Kemudian keterangan dari pihak yang terakhir berada di sana, sebelum terjadinya kebakaran, lantaran banyaknya kejanggalan yang terjadi,” ucapnya.

Baca Juga ==>Saat mengisi Air, Satu Rumah hangus Terbakar

Sumber didapat, yang membuat yakin pihak pengadilan atas indikasi pembakaran, karena di tempat kejadian, sempat ditemukan botol yang berisi minyak tanah.

Selain itu, dinding ruang rumah nampak terlihat bercak-bercak seperti siraman minyak, serta adanya salah satu pintu rumah, yang sepertinya sengaja dilobongi, kemudian dimasukkan kertas koran.

Peristiwa kebakaran di kawasan rumdin Pengadilan Negeri Banjarmasin, yang terletak  di Jalan Arjuna Gang Gandaria 2 Banjarmasin tersebut, terbilang aneh, sebab di lokasi yang sama, terjadi tiga kali api muncul.

Pertama, kobaran api melanda di kawasan Jalan Arjuna Gang Gandaria 2 RT 11 No 43 atau persis di belakang Mapolresta Banjarmasin Timur, pada Senin (24/3), sekitar pukul 17.15 Wita.

Sehari berikutnya, di lokasi yang sama, kebakaran kembali terjadi di Jalan Gandaria 2, Cempaka Putih Ujung, Kelurahan Kebun Bunga, pada Selasa (26/3) malam, sekitar pukul 21.00 Wita. Lantas, pada Rabu (27/3) dini hari, lagi – lagi bangunan rumdin PN Banjarmasin lainnya, di Gang Gandaria II, Kelurahan Kebun Bunga, juga terbakar.

Baca Juga ==>Saat mengisi Air, Satu Rumah hangus Terbakar

Bahkan, di lokasi itu, warga menemukan botol bersumbu dan berbau minyak tanah, yang diduga sengaja dilemparkan oleh seseorang, dan kemudian orang yang melempar langsung kabur.

Kapolsekta Banjarmasin Timur, Kompol HM Uskiansyah, melalui Kanit Reskrim, Iptu H Timuryono, Kamis (27/3), membenarkan di lokasi kejadian, diduga ditemukan botol plastik berisikan minyak tanah di kamar kecil, yang diduga penyebab kebakaran.

Penulis: SA Lingga
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider