Petugas Gabungan Simulasikan Penutupan arus Jalan Kayu Tangi

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sejumlah petugas Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin dan Satlantas Polres Banjarmasin, mulai melakukan simulasi penutupan arus Jalan Kayu Tangi Ujung, Banjarmasin utara, Senin (25/3) kemarin.

Penutupan arus lalulintas ini sebagai langkah awal untuk merealisasikan dan memudahkan proses pembangunan Jembatan Alalak, Kayu Tangi Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Terpantau, titik kepadatan lalulintas yang mengalami tingkat kemacetan cukup parah, terjadi di kawasan Jalan Perumnas dan Cemara Raya. Bagi kendaraan roda dua dan mobil bermuatan besar, sudah tidak bisa melewati jembatan 2 Jalan Perumnas tersebut.

Seorang warga asal Kabupaten Barito Kuala, Hamsah sempat mengeluhkan kemacetan arus lalulintas ini. “Sangat macet dan memperlambat akses menuju tempat saya bekerja,” ujarnya, kepada wartawan.

Dia mengaku terpaksa berjalan kaki ratusan meter, menuju ke tempat kerja. Sebab akses jalan Perumnas diberlakukan satu arah, tidak boleh berlawanan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik mengungkapkan, simulasi tersebut mulai berlakukan sejak Minggu (24/3) sore sampai Senin. Untuk melihat kemungkinan dan rekayasa terbaik arus lalulintas yang diinginkan.  

“Ada pula solusi mengurangi kemacetan, silahkan bagi pengusaha membangun fery penyeberangan guna untuk mengurangi kemacetan. Bisa di jalan Perumnas dan Cemara Raya, kami siap memberikan perijinan,” ujar Ichwan.

Untuk kendaraan jenis pikap, bus, truck, kendaraan tangki kecil, sedang dan besar, kereta gandengan serta kereta tempelan, dialihkan melalui akses Jalan Lingkar Utara (Km 17) A Yani.

Sementara, Danton 2 Lapangan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin,Dony Tri Wahono mengaku, pengaturan lalulintas dilakukan bersama jajaran Polresta Banjarmasin.

“Titik penjagaan di Jalan Adhiyaksa, Cemara raya dan Perumnas. Sekitar 18 orang petugas Dishub dilibatkan untuk berjaga,” tutup Dony.

Penulis: Fudail
Penerbit: Aspihan
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait