MTQ Untuk Peningkatan Pendidikan Alquran dan Pembinaan Moral Generasi Muda

Bupati Lantik LPTQ dan Dewan Hakim MTQ

MARABAHAN, kalselpos.com – Bupati Kabupaten Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani mengukuhkan pengurus Lembaga Tilawatil Quran (LPTQ) periode 2019-2023 di Aula Selidah Kabupaten Batola.

Menurutnya fungsi dan peranan Lembaga LPTQ tidak sekadar ditujukan untuk memperkuat dan melestarikan kelembagaan namun harus mampu melahirkan gagasan dan langkah-langkah baru signifikan dalam membina dan memajukan berbagai aspek yang berhubungan dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Bacaan Lainnya

Selain itu, istri mantan Bupati dua periode juga melantik pengurus LPTQ, yang juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor juga melantik Dewan Hakim/Juri MTQ Nasional ke-50 tingkat Kabupaten Batola Tahun 2019 yang berlangsung di Kecamatan Marabahan yang mulai dibuka.

Baca Juga ==>Kecamatan Banjarmasin Tengah Juara Umum MTQ ke 51

Adapun Pengurus LPTQ Batola periode 2019-2023 yang dilantik terdiri Ketua Umum Penjabat Sekda H Abdul Manaf, Ketua I Asisten Bidang Kemasyarakatan H Akhmad Mawarni, Ketua II Kabag Kesra H Sarbandi, Sekretaris Umum H Mi’in, Sekretaris I Muzakir, Sekretaris II Supriyadi Busyra, Bendahara M Sabirin, dan Wakil Bendahara Eka Emilia.

Pelantikan kepengurusan juga dilengkapi bidang-bidang dengan masing-masing ketua Bidang Pembinaan H Ahmad Yani, Bidang Pendidikan dan Latihan H Iswaldi, Bidang Perhakiman Abdul Rahman, Bidang Publikasi dan Dokumentasi H Arief Wisuda Wardana, Bidang Usaha dan Dana Khalid Effendi, serta Bidang Penelitian dan Pengembangan Surya Achdiyat.

Dia menyampaikan dalam tataran kemasyarakatan LPTQ memiliki fungsi dan peran yang sangat penting untuk turut menumbuhkembangkan pendidikan Alquran di tengah masyarakat.

“Saya berharap keberadaan LPTQ di Batola dapat melakukan pembenahan dan perbaikan yang berorientasi tidak semata untuk kepentingan keikutsertaan dalam MTQ namun juga dalam rangka peningkatan pendidikan Alquran secara keseluruhan termasuk pembinaan moral generasi muda,” harpnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan peran dan fungsi, LPTQ perlu bersinergi dan menjalin kerjasama serta kemitraan dengan lembaga-lembaga serta yayasan masyarakat yang bergerak dalam bidan pendidikan Alquran.

Baca Juga ==>Kecamatan Banjarmasin Tengah Juara Umum MTQ ke 51

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengatakan LPTQ perlu memberikan motivasi, stimulasi dan pembinaan terhadap lembaga-lembaga dan yayasan tersebut guna pemberdayaan LPTQ ke pemahaman dan penghayatan maupun pengamalan Al Quran yang merupakan starting point dalam mewujudkan masyarakat Batola yang religius, toleran, rukun dan damai sebagaimana yang diajarkan dalam Alquran. .

Noormiliyani mengingatkan, hasil dari pelaksanaan MTQ ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi Pemkab Batola sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan program pembangunan keagamaan dalam satu tahun terakhir yang akan menjadi masukan dalam penyusunan program pembangunan keagamaan ke depan.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk tidak melakukan intervensi terhadap tugas dan tanggung jawab serta hasil penilaian para dewan hakim.

“Khusus kepada para dewan hakim/juri MTQN Batola ke-50 di Kecamatan Marabahan yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya, baru – baru ini.

Penulis : Mul
Penanggung Jawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait