DPMD Kapuas berhasil Tingkatkan IDM 

  • Whatsapp

Rabu, 20 Maret 2019

Bacaan Lainnya

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Dibawah pimpinan Bupati Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Drs Yan Hendri Alle, telah berhasil meningkatkan Indek Desa Membangun (IMD).

Dimana dapat meningkatkan status desa dari sangat tertinggal 89 desa di tahun 2015, menjadi 44 desa di tahun 2017. Kemudian sebanyak 112 desa tertinggal tahun 2015, menjadi 134 desa di tahun 2017, karena ditambahkan kenaikan indek dari yang sangat tertinggal.

Begitu juga dengan desa berkembang 13 desa, menjadi 32 desa. Dan 4 desa yang berstatus desa Maju. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten  Kapuas, yang beralamat di Jalan Tambun Bungai  Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah.

Memiliki Visi “Terwujudnya pembinaan Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Masyarakat  yang mampu mendorong pembangunan otonomi desa, dan mendorong terwujudnya masyarakat  yang berdaya dan mandiri di Kabupaten Kapuas”.

“Sedang data untuk peningkatan di tahun berikutnya  DPMD Kapuas, masih dalam proses, dan pastinya terjadi peningkatan IDM,” terang H Junaidi, bagian Tata Usaha DPMD. Untuk jumlah desa dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas, dalam pembinaan DPMD Kabupaten Kapuas berjumlah 214 desa.

Penyebarannya yakni di Kecamatan Selat dua desa, Kapuas Hilir  tiga desa, Kapuas Timur  tujuh desa, Kapuas Kuala 13 desa, Kapuas Barat 11 desa, Pulau Petak 12 desa, Kapuas Murung  21 desa, Basarang 14 desa, Mantangai 38 desa, Timpah sembilan desa, Kapuas Tengah 13 desa, Kapuas Hulu 14 desa, Tambah Catur 10 desa.

Selanjutnya, Pasak Telawang  10 desa, Mandau Telawang 10 desa, Dadahup 13 desa dan Bataguh 14 desa. Rencananya sudah diusulkan pemekaran desa sebanyak 18 desa dari delapan kecamatan di tahun 2017, kemudian di tahun 2018 sebanyak 17 desa dari 9 kecamatan.

Total keseluruhan 35 desa yang akan dimekarkan. Sudah di ajukan sampai tingkat provinsi tinggal realisasi masih menunggu persetujuan.

Untuk pembinaan kepala desa, berbagai kegiatan dilakukan oleh DPMD Kabupaten Kapuas,  baik dikerjakan oleh DPMD Kapuas sendiri maupun bekerjasama dengan instansi terkait, demi tercapainya pengelolaan desa yang terarah dan dengan manajemen yang tertata dengan baik.

Termasuk pengelolaan keuangan dari Dana Desa yang bersumber dari keuangan negara, maupun Anggaran Dana Desa yang dari APBD tingkat kabupaten atau kota. Menyelenggarakan Administrasi pemerintah desa sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, adalah salah satu misi dari DPMD Kabupaten  Kapuas.

Untuk sektor Ekonomi, masyarakat desa mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), serta lomba desa untuk merangsang kemajuan desa dan merangsang peningkatan  untuk maju. Ditahun berikutnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa optimis dapat lebih berperan lagi dalam kemajuan Kabupaten Kapuas.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *