167 Peserta ikut Pelatihan Kompetensi Tenaga Kerja

AMUNTAI, Kalselpos.com – Balai Latihan Kerja Amuntai, bekerjasama  dengan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu gelar kegiatan Program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas (PPTKP) tahap I tahun anggaran 2019.

Bertempat di Aula Dinas Sosial Kabupaten HSU. Pelatihan Balai Latihan Kerja diikuti sebanyak 167 peserta yang berlangsung selama 25 hari yaitu dari tanggal 11 Maret s.d. 15 April 2019.

Bacaan Lainnya

Kepala DPMPTSP Naker HSU,  M Syarif F Noor  mengatakan, pelatihan keja ini bertujuan memberikan tenaga kerja yang memiliki basis kompetensi, professional, dan punya daya saing tinggi. 

“Bisa memenuhi pasar kerja atau mungkin bisa membuka lapangan kerja sendiri bahkan untuk orang lain, “ucapnya. 

Syarif menambahkan Program pelatihan ini dilaksanakan mulai 11 Maret sampai 15 April 2019 dengan jumlah 240 waktu jam pelajaran. Dimana ada 10 paket kejuruan yang ditawarkan selama program pelatihan ini, antara lain komputer dasar, teknisi komputer, menjahit tata busana, menjahit busana wanita tingkat lanjut, instalasi penerangan, las listrik, mekanik mobil, mekanik sepada motor, tata boga, meubelair alumunium.

“Ada 654 orang yang mendaftar pelatihan sebelum terseleksi menjadi 160 orang,” kata Syarif.

Bupati HSU H. Abdul Wahid Hk membuka secara resmi kegiatan balai latihan kerja ini,  atas nama pemerintah daerah Kabupaten HSU ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini.

“Salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan saat ini adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Ketidakseimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat terjadinya pengangguran,” cetusnya.

Wahid menambahkan bahwa masalah pengangguran ini adalah masalah kita dan menjadi tanggung jawab pemerintah , swasta maupun masyarakat. Dari sisi tanggung jawab pemerintah telah banyak berupaya dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan dan pelatihan produktivitas dan kompetensi tenaga kerja yang dilaksanakan dari hari ini.

“Melalui program berbasis kompetensi ini mudah mudahan dapat dimanfaatkan dan diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga setelah pelatihan ini memiliki kompetensi produktivitas sesuai dengan kemampuannya masing masing,” harap Wahid.

Penulis: Adiyat/Tim
Penerbit: A. Syaufi
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait