,

RSJ Sambang Lihum terapkan Asuhan Farmasi 24 Jam

oleh -1.231 views
Dirut RSJD Sambang Lihum, dr Dharma Putra

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Manajemen Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum memberlakukan layanan Asuhan Farmasi 24 jam. Layanan tersebut terintegrasi dengan layanan lima profesi, yakni dokter, farmasi, perawat, fisioterapisikologi dan gizi.

Layanan asuhan farmasi tersebut telah diberlakukan sejak 1 Februari 2019 lalu bertujuan mengutamakan keselamatan pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan farmasi.

Kepala Instalasi Farmasi RSJD Sambang Lihum, Novia Sari mengatakan, layanan Asuhan Farmasi 24 jam ini diberlakukan karena kebutuhan pasien, salah satunya yang wajib kita penuhi untuk keselamatan pasien.

Baca Juga ==> RSJD Sambang Lihum siap Layani Caleg Strees

“Asuhan Farmasi 24 jam ini oleh tenaga Apoteker,” sebut Novia kepada Kalselpos, Rabu (13/2).
Menurutnya, asuhan farmasi ini ada assessment pasien, yaitu 1 x 24 jam pasien saat masuk dari Unit Gawat Darurat (UGD), kemudian merekonsiliasi obatnya, tujuan untuk mengetahui dalam waktu tiga bulan terakhir itu obat apa saja yang mereka dapat serta kepatuhan pasien pada pengobatan jiwanya.

Untuk menunjang layanan asuhan farmasi, imbuh Novia yang mendampingi Direktur Utama RSJ Sambang Lihum dr Dharma Putra, ada pembagian tugas bagi apoteker, yakni dari dinas pagi pukul 08.00 Wita-15.00 Wita, kemudian pukul 14.00 Wita-20.00 Wita dan pukul 20.00 Wita-08.00 Wita, bahkan saat pergantian tugas itu ada serah terima laporan piket.