Produksi Budidaya Ikan Mengalami Penurunan

oleh -1.602 views
Petugas Penyuluh Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Ahmad Hidayat menyaksikan petani budidaya Sepat Siam di Kecamatan Amuntau Selatan melakukan panen. ist)

Sekarang produksi ikan budidaya sebanyak 9564 ton, jauh berkurang dibanding  produksi empat tahun sebelumnya

 

Amuntai, Kalselpos.com – Dinas Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan setiap tahun menghadapi tantangan untuk mengembalikan tingkat produksi ikan budidaya seperti pada 2014 yang mencapai 24000 ton.

“Sekarang produksi ikan budidaya sebanyak 9564 ton, jauh berkurang dibanding  produksi empat tahun sebelumnya,” ujar staf bagian data Dinas Perikanan Maisarah dI Amuntai, Senin.

Maisarah mengatakan, penurunan produksi ikan budidaya dimulai 2015 menjadi sebanyak 17018 ton, sempat meningkat sedikit di 2016 menjadi 17714 namun kemudian terus nenurun di 2017 menjadi 9595 ton dan terakhir di 2018 sebanyak 9564 ton.

Kendala yang ditemukan jajaran Dinas Perikanan dilapangan berdasarkan hasil pengawasan dan wawancara dengan petani budidaya yakni harga pakan ikan yang terus berfluktuasi. Kualitas air sungai yang cenderung menurun mengakibatkan tingginya  mortalitas pada saat proses budidaya.

“Bahkan pada jenis-jenis ikan tertentu yang selama ini tahan terhadap perubahan kualitas air, akhir-akhir ini juga  mengalami kematian sehingga membuat petani budidaya mengalami kerugian,” terangnya.

Facebook Comments