Pelanggan PDAM dibagian Ujung Sungai Andai masih Krisis Air

oleh -474 views
Sekretaris KNPI Provinsi Kalsel, Muhammad Yusuf

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Warga Sungai Andai bagian ujung, hingga saat ini masih mengeluhkan distibusi air bersih dari PDAM Bandarmasih yang lancar.

Air ledeng mengalir cuma pada malam hari di atas pukul 22.00 Wita, dengan tekanan kecil dan tidak mampu mengalir sampai kebagian belakang atau kamar mandi dan dapur rumah.

Kondisi ini, sudah dirasakan pelanggan setempat dalam beberapa tahun terakhir tanpa ada solusi yang tepat. Dan persoalan ini diperparah terhentinya pasokan air akibat kebocoran pipa PDAM yang sudah mencapai sudah satu minggu.

“Kami warga Sungai Andai khusus daerah ujung mengalami krisis air, mengalir baru sekitar jam 10 malam. Itu pun disedot pakai pompa mesin,” ujar Sekretaris KNPI Provinsi Kalsel,Muhammad Yusuf.

Ia mengaku, sebagai warga yang berdomisili dibagian ujung perumahan, tidak bisa maksimal menikmati aliran air tersebut walau pun pakai mesin air.

“Padahal sebelum kebocoran sebenarnya kami sudah menggunakan mesin, kalo tidak menggunakan mesin penyedot kami tidak dapat air,” ungkapnya.

Yusuf mengharapkan adanya solusi, misalnya membuat boster khusus atau penunjang distribusi apa saja di Sungai Andai.

“Jangan sampai krisis air ini membuat masyarakat menjerit, faktanya kami kesulitan tanpa ada solusinya,” keluhnya.

Pihaknya menduga, jajaran PDAM Bandarmasih belum siap dengan meningkatnya jumlah penduduk di Sungai Andai. Hingga suplay dan infrastruktur jaringan distribusi air, tidak mampu untuk melayani maksimal karena tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat.

“Ada opsi saran untuk ganti pipa yg lebih besar, hal ini setidaknya dipertimbangkan demi peningkatan pelayanan yang lebih prima,” inginnya.

“Ini belum lagi beban listrik bertambah karena penggunaan mesin pompa. Maka makin berat beban hidup kami,” tandasnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.kalselpos

Facebook Comments