Pelajar diminta Jangan Sampai Melanggar UU

oleh -61 views
MENYERAHKAN- Kasi Intel, Kejari Kabupaten HSS, Alpha Fauza memberikan bingkisa kepada pelajar yang berhasil menjawab pertanyan penyuluhan hukum.(Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Sebagai satu-satu lembaga penuntut umum, pihak Kejaksaan berharap tidak akan pernah lagi bertemu dengan para pelajar di Pengadilan.

“Hindari perbuatan melanggar ketentuan undang-undang, agar tidak bertemu Kejaksaan di Pengadilan,” kata Kasi Intel, Kejari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Alpha Fauzan, Senin (11/2), saat memberikan peyuluhan hukum, di SMP Negeri 3, Kandangan.

Dijelaskannya, sesuai dengan undang-undang Kejaksaan No 16 tahun 2004, adalah sebagai lembaga penuntut. “Jadi jangan sampai para pelajar bertemu dengan Kejaksaan di Pengadilan‎,” ujarnya.

Untuk menghindari hal itu, para pelajar jangan sampai melanggar segala ketentuan hukum berlaku, seperti narkoba, krimal, ITE dan lainnya.  Selain itu, mentaati peraturan lalu lintas, yang tidak memiliki surat izin mengumudi (SIM) jangan menggunakan kendaraan bermotor.

Diungkapkannya, baru-baru ini ada kasus seorang pelajar di Tangerang Selatan penghacuran motor dan viral di media sosial (medsos).‎ “Jika belum memiliki SIM, jangan menggunakan kendaraan bermotor, agar tidak melanggar undang-undang,” ujarnya.

Bagi pelajar yang sudah berumur 17 tahun pada 17 April mendatang, agar ikuti berpatisipasi mensukseskan Pemilu 2019, dengan memberikan hak suarannya sesuai dengan keinginan masing-masing.

Bagi siswa kelas 12 lebih giat lagi belajar sehingga lulus ujian, dan bisa melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi lagi, sehingga bisa menjadi jaksa. “Patuhlah pada guru dan orang tua, agar kalian menjadi anak baik dan tidak melanggar UU,” ujarnya.‎

‎Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 3, Kandangan, Fahruzaini, mengapresia pihak Kejari HSS yang bekerja sama dengan pihak sekolah memberikan penyuluhan dan penerangan hukum bagi para pelajar.

“Kami ‎berharap melalui penyuluhan dan penerarang hukum, para pelajar bisa sadar hukum, sehingga terhindar dari kasus-kasus yang tidak diinginkan,” ujarnya.
‎‎
Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
Facebook Comments