Pekerja PT SUA dan PT UHP tuntut Pengurangan Hari Kerja

oleh -54 views

KUALA KAPUAS, kalselpos.com – Sejumlah pekerja buruh yang tergabung di perusahaan perkebunan sawit  PT Semangat Usaha Argo (SUA) dan PT Usaha Handal Perkasa (UHP), berunjukrasa di kantor PT SUA dan PT UHP, Desa Sei Asam Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Kamis (7/2).

Mereka menuntut penyesuaian jumlah hari kerja sesuai aturan Undang-undang No.13 Tahun 2003, dan Upah Minimum Kabupaten (UMK) kabupaten Kapuas Tahun 2019.

Dan bila tidak bisa memenuhi tuntutan itu, maka mereka meminta di PHK sesuai aturan pasal 163 ayat (3) UU no 13 Tahun 2003, tuntutan ini disampaikan oleh ketua Pengurus Komisariat . Forum Solidaritas Buruh Hukatan KSBI PT SUA, Ambran, dan Dedy Siswanto PK FSB Hukatan KSBI PT UHP.

Baca Juga ==> Tiga Pekerja PT Telkom Tewas Tersengat Listrik Diselidiki Polisi

Kepada pengunjukrasa, perwakilan pihak perusahaan HM Supian S.Sos menerangkan, kalau kondisi keuangan dengan turunnya harga sawit ini, membuat mereka mengambil kebijakan tersebut.

“Hari kerja jadi kita kurangi, dan itu langkah yang kita ambil,” ucap Supian. Manager PT. SUA Bungaran Simanjuntak mengakui, bahwa sudah beberapa kali tuntutan serupa disampaikan, tapi pihaknya tetap harus menunggu keputusan dari kantor pusat Jakarta.

“Apalagi ini sedang libur Imlek, jadi kita tunggu dulu beberapa hari untuk nanti kita beri jawaban,” tegas Bungaran Simanjuntak. Akhirnya dicapai kesepakatan untuk menunggu hingga tanggal 21 Februari 2019, untuk hasil dan jawaban dari manajemen di kantor pusat Jakarta.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.kalselpos

Slider

Facebook Comments