Mahasiswa dan Alumni ULM Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Ampera

oleh -721 views

Mahasiswa dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Sabtu (16/2) pukul 07.00 Wita memperingati gugurnya Pahlawan Ampera, Hassanudin HM ke 53.

BANJARMASIN,kalselpos.com-Acara peringatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Mantan Rektor ULM H Kustan Basri, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ULM dan ratusan mahasiswa ULM.

“Upacara tabur bunga ini selalu kami lakukan setiap tahun, untuk memperingati gugurnya pahlawan ampera yang memikirkan nasib masyarakat di Kalimantan Selatan,” Terang Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lambung Mangkurat Aminudin Prahatama Putra.

Disampaikanya, agenda pertama dalam peringatan ini diawali dengan Napak Tilas yaitu berjalan kaki menelusuri jalan yang pernah dilalui oleh Hasanudin HM untuk mengenang perjalanan pada sejarah masa lalu.

Rute perjalanan Napak Tilas dimulai dari Bank Mandiri Regional IX Kalimantan, Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, dimana dulunya adalah Universitas Lambung Mangkurat.

Kemudian menuju Jembatan Pasar Lama, lalu ke Jalan Piere Tendean dan berhenti sejenak di konsulat RRC yang sekarang menjadi Kantor Ajendrem 101 Antasari. Dilanjutkan lagi melewati Pasar Ujung Muung dan berhenti di pertigaan Toko Minseng untuk tabur bunga, tempat dimana Alm Hasanudin HM tertembak.

Baca Juga > Pemprov Kalsel siap mendukung Pembangunan Monumen Hasanuddin HM

Setelah Napak Tilas Agenda Kedua langsung menuju ke Makan Hasanudin HM, untuk melakukan doa bersama dan tabur bunga.

“Dengan peringatan ini kami ingin mentransformasikan nilai nilai perjuangan dan sejarah yg di berikan pahlawan ampera khususnya Hasanudin HM” Jelas Ketua Pelaksana Peringatan Gugurnya Pahlawan Ampera Ke 53 Pengurus IKA ULM Rezki Eri Munadi.

Rezki Eri Munadi juga berpesan untuk mahasiswa ULM, agar setiap tahun animo peserta semakin bertambah untuk mengikuti peringatan ini dan alumni tidak melupakan almamaternya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan era Hasanudin HM adalah era dimana perjuangan Perguruan tinggi sangat luar biasa.

“Peringatan ini tentu sangat penting, karena berarti kita adalah generasi yang menghargai perjuangan para pahlawan kita. Hasanudin HM adalah pahlawan sesuai pada jamannya,”pungkasnya.

Penulis: Krisna
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga