Langgar Aturan dan ganggu Fasum

oleh -38 views

APK Caleg Dibongkar

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), membongkar alat peraga kampanye (APK) sejumlah calon legislatif (caleg) maupun peserta Pemilu lainnya, lantaran dinilai melanggar aturan.

 

AMUNTAI, Kalselpos.com – Pembongkaran APK sendiri dilakukan Bawaslu bersama jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan dipantau langsung oleh pihak kepolisian Polres HSU dan Kodim Amuntai-Balangan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten HSU dari koirdinator Divisi Pelanggaran, Khairil mengungkapkan, tindakan penertiban yang digelar pihaknya dilakukan secara serentak, termasuk oleh para pengawas kecamatan se Kabupaten HSU.

Apalagi sebelumnya, sambungnya, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pengawas kecamatan, termasuk kepada para caleg atau partai politik, untuk dapat melakukan penertiban sendiri.  “Akan tetapi, karena masih banyaknya APK yang belum ditertibkan, kami bersama sejumlah tim, terpaksa melakukan tindakan penertiban sendiri, khususnya terhadap sejumlah APK yang dinilai melanggar aturan,” tegas Khairil.

Ditambahkan, tindakan penertiban ini akan terus digelar selagi masih ada temuan-temuan pelanggaran. “Tidak mesti pelanggaran tersebut terkait dengan hal-hal aturan Pemilu, akan tetapi APK yang tidak  mengutamakan keindahan, kenyamanan, termasuk menghambat fasiltas umum (fasum) seperti lalu lintas, harus dilakukan pembongkaran,” imbuh Khairil.

Sementara,  Komisioner KPU HSU, Riza Ansyari mengakui, penertiban APK yang dinilai melanggar aturan, tidak semata-mata sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama, akan tetapi juga dilakukan apabila hal tersebut dinilai melanggar aturan seperti Perda.  “Misalnya seperti mengganggu zona hijau, ataupun mengganggu ketertiban lalu lintas, sehingga perlu dilakukan penertiban,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu HSU, Syardani menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan, penyisiran dan penertiban hingga sampai hari ‘H’ dilaksanakannya Pemilu serentak. “Karenanya, kepada para caleg dan parpol, agar dapat mematuhi segala aturan yang berlaku sesuai UU Pemilu, termasuk semua kesepakatan yang telah ditandatangani bersama KPU,” pungkasnya.

Penulis : Adiyat/Tim
Editor : SA Lingga
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.kalselpos

Slider

Facebook Comments