Kecamatan Padang Batung usulkan 5 Program Skala Prioritas‎

KANDANGAN, Kalselpos.com – ‎Kecamatan Padang Batung usulkan 5 program skala prioritas rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) dalam musyarah rencana pembangunan (murenbang) 2020 tingkat kecamatan, Rabu (20/2).

Bacaan Lainnya

Lima usulan program skala prioritas tersebut, yakni pengadaan tanah dan pembangunan puskesmas Padang Batung dan Desa Kaliring, pembangunan ruang terbuka hijau, pembangunan jembatan Desa Kaliring, dan pengaspalan jalan SMP 2 Padang Batung.

Camat Padang Batung, Akmad Suriani, mengatakan, selain 5 program skala prioritan yang diusulkan kecamatan, ada lagi 55 program prioritas yang ‎yang diusulkan oleh 17 desa yang ada di wilayah Kecamatan Padang Batung.

Dikatakannya, 55 program skala prioritas yang diusulkan oleh 17 desa tersebut, diantaranya pembuatan saluran air/drenase di Desa Karang Jawa dengan pagu Rp.1 M, rehap poskesdes Desa Pandulang sebesar Rp.200 juta, bedah rumah sebanyak 40 KK sebesar Rp.800 juta, pembuatan sumur bor air bersih di Desa Jelatang sebesar Rp.240 juta.

Selain itu, peningkatan jalan tembus Desa Kaliring-Batu Bini Rp.500 juta, rehap jembatan gantung Desa Durian Rabung-Desa Jambu Hulu sebesar Rp.200 juta, rehap TK Undas di Desa Karang Jawa Rp.70 juta, dan pengaspalan jalan pemukiman masjid Desa Pariangan Rp.500 juta.

“Itulah diantara program-program prioritas yang diusulkan pihak desa se-Kecamatan Padang Batung,” ujarnya. ‎Sementara itu, ‎Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten HSS lima tahun kedepan difokuskan ‎untuk menuntaskan kemiskinan daerah.

Untuk itu, program-program yang diusulkan agar dipilah sesuai dengan skala priotas yang sangat diperlukan oleh masyarakat, terutama dalam penuntasan kemiskinan.

Menurut Fikry, pembangunan tidak bisa dilaksanakan dan dibagi sesuai dengan jumlah penduduk, namun dilihat kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat, yang menyesuaikan kemampuan keuangan daerah, yakni hanya sekitar Rp.1,1 trilyul‎ pertahun.

Nah, dengan dana yang terbatas tersebut, maka pembangunan dilaksanakan skala prioritas dan tidak melihat jumlah penduduk yang ada.

“Program-program usulan yang tidak fokus penuntasan kemiskinan akan dikesampingkan dulu, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis, untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat,” ujarnya.

‎Fikry berharap, pembangunan yang dilaksanakan dalam pembangunan baik 2019 dan 2020 sesuai dengan visi dan misi daerah. ‎Karena, apa yang dilakukan, nanti akan dipertanggungjawabkan diakhirnya. “Jika usulah program diluar itu, ma‎ka akan dikeluarkan dari rencana pembangunan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Fikry meminta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019, yang akan digelat 17 April. “Datanglah ke TPS dan berikan hak suara dalam pelaksanaan Pemilu 2019,” ajak Fikry.

Musrenbang Kecamatan Padang Batung tersebut, Wakil Bupati, Syamsuri‎ Arsyad, Ketua DPRD HSS, Akhmad Fahmi, Wakil Ketua DPRD HSS, M Kusasi dan para kepala organisasi perangkat daerah.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait