Jalan Lintas Trans SP seperti Kubangan Lumpur

oleh -322 views
BERLUMPUR – Kondisi jalan desa antar Kecamatan Kapuas Murung dan Kapuas Barat, di desa SP 1 (Palingkau Jaya), SP 2 (Palingkau Asri) hingga dan SP 3 (Palingkau Sejahtera), dipenuhi lumpur dan sulit dilalui pengendara.(iwan cavalera)

Jalan yang menghubungkan desa antar Kecamatan Kapuas Murung dan Kapuas Barat, di desa SP 1 (Palingkau Jaya), SP 2 (Palingkau Asri) hingga dan SP 3 (Palingkau Sejahtera), kondisi sangat memprihatinkan. Terlebih bila terjadi hujan, jalan itu menjadi kubangan lumpur hingga menyulitkan pengendara mobil dan motor melewatinya.

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – “Pagi dan siang hari banyak kejadian jatuh dari motor, karena banyak aktifitas warga seperti anak sekolah dan warga yang menjual hasil kebunnya,” ucap Dadi, kepala dusun di Desa Palingkau Jaya (SP 1).

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kapuas Murung, Akhmad M Saribi, saat di temui di Musrenbang Desa Anjir Pelambang, Kecamatan Pulau Petak, menjelaskan, tahun ini rencananya akan dialokasikan dana sekitar Rp4 Miliar, untuk perbaikan jalan tersebut.

“Kita juga nanti akan membuat BUMdes bersama yang akan diresmikan di SP 2. Semoga perbaikan atau pengerasan jalan itu, cepat terealisasi untuk memperlancar lalu lintas,” ujar Akhmad M Saribi, kepada wartawan.

Menurutnya, kerusakan jalan hingga seperti kubangan ini, penyebabnya karena aktifitas truk yg bermuatan berat dari PT LAK (Lifere Argo Kapuas) Perkebunan Sawit, yang membawa muatan melebihi kemampuan jalan.

Sementara anggota DPRD dari Dapil 4 yang ikut hadir, Lawin menegaskan, banyak jalan yang lebih parah lagi selain dari jalan SP tersebut, hanya saat ini musim kering jalan itu masih enak dilalui.

“Tapi di daerah Kecamatan Dadahup, daerah A1 dan A2, itu susah dilalui baik musim kering apalagi musim hujan. Namun kita menyambut baik bila jalan di SP itu cepat di perbaiki,” ungkap Lawin.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Facebook Comments