Festival Seni Budaya Tingkat Pelajar se Barut Digelar

Pengembangan seni budaya di Kabupaten Barito Utara sudah semakin baik. Event seni budaya seperti Festival Iya Mulik Bengkang Turan dan Festival Seni Budaya tingkat pelajar berkesinambungan dilaksanakan

 

Bacaan Lainnya

MUARA TEWEH, Kalselpos.com – Berdasarkan Undang–Udang pemajuan kebudayaan no 05 tahun 2017 bahwa negara memajukan kebudayaan nasional indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai–nilai budaya.

Hal ini disampaikan Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra, pada kegiatan festival seni budaya tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2019 di aula Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Rabu (27/2) kemarin.

Menurut Sugianto, kebudayaan merupakan investasi masa depan dalam membangun peradaban bangsa. Akar budaya dan tradisi di Indonesia harus dilestarikan ditengah kemajuan zaman yang kemungkinan besar akan mengikis keberadaban seni budaya dan kearifan lokal.

Dimana kebudayaan yang berkembang di Kalimantan Tengah termasuk Kabupaten Barito Utara, adalah budaya pedalaman dan budaya pesisir yakni keduanya memiliki perbedaan dalam khasanah adat istiadat sehari–hari.

“Ini ditunjukan seperti dari tari–tarian, lagu tradisional, upacara adat, keyakinan dan kehidupan sosial kemasyarakatan yang berkembang juga berbeda. Namun, karena Bhineka Tunggal Ika lah yang menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang unik dan menjadi kekuatan persatuan dan kesatuan,” jelas Sugianto.

Lebih lanjut, dikatakanya, bahwa pengembangan seni budaya di Kabupaten Barito Utara dirasa sudah semakin baik. Event seni budaya seperti Festival Iya Mulik Bengkang Turan dan Festival Seni Budaya tingkat pelajar berkesinambungan dilaksanakan.

“Tidak hanya mencari bibit–bibit terbaik untuk dikirim ke tingkat selanjutnya, even–event ini juga bermanfaat sebagai sarana memepererat tali silaturahmi antara daerah di Kabupaten Barito Utara,”ucapnya.

Pada kesempatan itu bupati Nadalsyah mengajak, untuk meningkatkan rasa cinta terhadap akar budaya lokal dan seni budaya nusantara dengan melestarikan dan mengembangkan serta menginformasikan kepada masyarakat luas melaluai media massa, media sosial dan lainnya.

“Dan kepada seluruh peserta, bertandinglah secara sportif. Dan kepada para penilai agar bisa menilai dengan objektif, dan marilah kita lestarikan dan kembangkan seni budaya Barito Utara untuk mendorong percepatan pembangunan di Barito Utara yang kita cintai bersama,” katanya.

Sementara Kadis Budparpora Barito Utara H Arbaidi mengatakan, dalam kegiatan seleksi festival seni budaya pelajar tingkat Kabupaten Barito Utara, dilaksanakan seleksi dalam beberapa cabang perlombaan antara lain, Menganyam Anak Purun, Tari Pedalaman, Tari Pesisir, Melukis Legenda, dan Melukis Ornamen.

“Dan pesertanya berasal dari siswa–siswi pelajar dari 9 (sembilan) kecamatan Kabupaten Barito Utara,”tandasnya.

Penulis : Asli
Editor : Aspihan
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait