DPR minta Kominfo Tingkatkan Pengawasan Konten Hoaks

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meningkatkan pengawasan terkait konten hoaks yang ada di internet dan media sosial.

 

Bacaan Lainnya

Jakarta, kalselpos.com – “Selain itu meminta Kominfo memblokir situs yang mengandung konten-konten hoaks, mengingat sebentar lagi Indonesia akan melaksanakan Pemilu 2019,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakannya terkait data Kemenkominfo yang menyebutkan sebanyak 175 konten hoaks dari beragam isu yang menyebar di internet dan media sosial selama Januari 2019 dan 81 konten di antaranya adalah hoaks terkait isu pemilu, serta rata-rata konten hoaks yaitu 4-6 konten per-hari.

Ia meminta Kemenkominfo untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai literasi digital sebagai salah satu upaya untuk menangkal hoaks.

Bambang yang merupakan politisi Partai Golkar itu juga meminta Komisi I DPR bersama Kemenkominfo untuk menginisiasi pembentukan regulasi secara rinci mengenai hoaks di internet dan media sosial.

Pos terkait