Disperindagkop pelatihan Kerajinan Anyaman Bamban

oleh -27 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), menggelar pelatihan teknis kerajinan anyaman bamban.

Pelatihan ini diikuti ibu-ibu pengrajin anyaman, dengan misi dapat terus meningkatkan kualitas olahannya, sehingga tidak perlu lagi menjual kerajinan setelah jadinya, kepada orang lain.

Kepala Disperindagkop dan UMKM HSU, H  Akhamad Radhani Effendi mengatakan, kegiatan ini diikuti sevanyak 20 peserta dari Desa Banyu Hirang, kecamatan Amuntai Selatan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja nyata Disperindagkop HSU, terutama melalui pembinaan dan pelatihan yang dilakukan seperti kali ini, sehingga diharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh perhatian,” jelasnya.

Menurutnya, kerajinan yang dibuat ini dapat terus meningkat kualitasnya, selama itu murni produk milik sendiri dan jangan sampai diakui sebagai produksi dari daerah lain.

Ia juga menambahkan, instruktur atau pelatihnya dari daerah sendiri. Selain itu, pengrajin juga mengembangkan produknya para peserta nantinya juga dapat meminta bantuan kepada instruktur/pelatih untuk berbagai keperluan, seperti cara pengemasan yang baik, penjualan produk dan cara pemasarannya, ucapnya.

Effendi berpesan kepada para ibu-ibu pengrajin agar dapat mengajak pengrajin yang lain agar dapat bergabung di dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB), sehingga melalui KUB inilah Disperindagkop dapat melakukan pembinaan, pemantauan disamping pemberian bantuan seperti pemberian mesin dan  sebagainya.

“Kita harus berkarya meningkatkan daya saing, jangan sampai setelah pelatihan ini produksi kerajinan nya semakin menurun, kalau perlu dapat meminta dukungan dari keluarga untuk memasarkan produk kerajinannya melalui pasar online,” tutur H  Akhamad Radhani Effendi.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disperindagkop HSU, H Muhammad Yani, mengaku kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan tentang teknis produksi khususnya kerajinan bamban.

Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas design serta mutu produksi dari pada anyaman bamban, yang diharapkan dapat bersaing dipasaran global serta memenuhi kebutuhan pasar.

” Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, khususnya para pengrajin yang berada di Kabupaten HSU,” tutupnya.

Penulis : Adiyat
Editor : SA Lingga
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.kalselpos

Slider

Facebook Comments