Desa Sei Asem Terancam tak Berpenghuni

oleh -300 views
KANTOR DESA – Beberapa warga tampak berkumpul di depan Kantor Desa Sei Asam, mereka sebagian mengajukan pindah dari desa itu, karena minimnya fasilitas yang ada.(iwan cavalera)

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Desa Sei Asem yang terletak di Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Handel Basirih Darat RT 8. Untuk beberapa waktu kedepan dikhawatirkan cuma tinggal wilayah yang tak berpenghuni, karena warga banyak pindah.

Kekhawatiran ini diungkapkan Kepala Dusun Saka Pinang, Abe Sumanto, di Kantor Desa Sei Asam, Sungai Rimbut, Kamis (7/2). “Ada beberapa warga yang mengurus surat pindah, dan daerah tujuannya desa yang berbatasan dengan kita,” ujarnya, tanpa menyebut desa tetangganya.

Menurutnya, alasan warga yang memilih untuk pindah dari desa tersebut, dikarenakan minimnya fasilitas yang disediakan di wilayah itu.

Baca Juga ==> Sekda Resmikan Rumah Kelola Sampah PT. PELNI di Desa Baroqah

“Mereka mengeluhkan kurangnya sarana listrik, baik untuk penerangan maupun lainnya. Bayangkan untuk charge HP aja katanya mereka perlu pindah provinsi,” terang Abe Sumanto.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Desa Sei Asem, Masrawan, di tempat yang sama. “Jika semakin banyak yang selalu berpindah ke desa sebelah, nantinya RT 8 ini nantinya cuma tinggal jadi wilayah saja, tanpa ada penduduknya,” beber Kades Masrawan.

Facebook Comments