Credit Union Sumber Rejeki tergolong Koperasi Sehat

oleh -124 views
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalsel, H Gustava Yandi saat memberikan sambutan.

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Perjalanan koperasi di tanah air, memang mengalami pasang surut. Tak heran jika banyak koperasi tumbang (gulung tikar).

Kementerian Koperasi dan UMKM RI menyampaikan sepanjang tahun 2018 dari 153.171 unit koperasi yang terdata, jumlah anggota koperasi aktif tercatat mencapai sebanyak 26,54 juta orang. Sedangkan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebanyak 59,70 juta unit.

Pada tahun 2018 lalu Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menargetkan sekitar 3.000 koperasi baru, hal ini sejalan dengan penutupan 40.013 koperasi sakit sepanjang tiga tahun terakhir.

Baca Juga ==> LDII Kotabaru Kembangkan Koperasi Syariah

Kemudian reformasi total koperasi dimana salah satu program rehabilitasi kepada koperasi adalah Reorientasi, Rehabilitasi dan Pengembangan. Tujuannya agar koperasi secara berkualitas sebagai organisasi yang memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan kemanfaatan kepada masyarakat.

“Saat ini yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kualitas koperasi bukan hanya sebatas kuantitas semata,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalsel, H Gustava Yandi, Kamis (07/2/2019), kepada wartawan, saat membuka Pra RAT Koperasi Credit Union Sumber Rejeki, di Aula Bapelkes, Banjarbaru.

Facebook Comments