Calhaj HSU di Tes Kebugaran

oleh -207 views
TES KEBUGARAN – Sejumlah calhaj Kabupaten HSU, saat dilakukan pemeriksaan atau pengukuran kebugaran, berlangsung di lapangan Pahlawan Amuntai, Sabtu (16/2) lalu.

Calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Sabtu (16/2) lalu, melaksanakan pemeriksaan atau pengukuran kebugaran, di lapangan Pahlawan Amuntai. Selain para calon jamaah, kegiatan juga dihadiro Bupati HSU dan Sekretaris Daerah (Sekda) setempat.

 

AMUNTAI, Kalselpos.com – Menurut pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) HSU, ada sebanyak 238 calha yang mengikuti pemeriksaan kebugaran.

Saat pemeriksaan kebuguran, pihak Kemenag juga di dampingi Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) unit Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Kepala BKOM  Kalsel, Agus Mooduto mengatakan, dalam pelaksanaan ini pihaknya hanya sebagai pendamping. Di mana petugas dari Dinas Kesehatan HSU jadi terlatih, sehingga sesuai dengan  tujuan, memastikan para jamaah haji, pada saat mengikuti ibadah haji nantinya, termasuk hingga pukang, dalam kondisi sehat dan bugar.

“Tes kebugaran ini meliputi, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan lemak tubuh, termasuk lari atau jalan cepat selama 6 menit, dan bagi yang di bawah usia 60 tahun, dengan jarak 4 kali keliling lapangan,” terangnya.

Senentara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag HSU, Drs H Nasrullah AR MM, menambahkan, bimbingan manasik haji akan dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan, dua kali di ibukota kabupaten dan delapan kali dilaksanakan di kecamatan – kecamatan.

“Nanti akan disurati masing- masing jamaah, berupa himbauan untuk membuat kelompok, yang di dalamnya berisikan 10 orang dalam satu regu, dan nantinya dibagi menjafi 40 orang di setiap rombongan,” pungkas Drs H Nasrullah AR MM.

Penulis : Adiyat
Editor : SA Lingga
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments