BPOM kembali ‘Operasi’ Pasar di HSU

oleh -304 views
PANTAU PASAR - BPOM Cabang HSU, saat memantau kondisi makanan dan obat-obatan di sejumlah pasar di kabupaten tersebut, Selasa (12/2) lalu.

Ditemukan pewarna Rodhamin B di Kue Apam

AMUNTAI, Kalselpos.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Cabang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), gencar memantau kondisi makanan dan obat-obatan. Selasa (12/2) lalu, mereka melakukan beberapa survei ikan segar dan ikan kering, di sejumlah pasar di wilayah kabupaten tersebut.

Kepala BPOM HSU, Bambang Hery Purwanto menyatakan, ikan segar yang dijual di kabupaten tersebut, hingga saat ini bebas dari formalin dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Hal itu, dibuktikan, saat pihaknya menggelar Operasi Terpadu Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Formalin di Pasar Alabio, Pasar Amuntai, dan pasar Babirik, Selasa (12/2).

Dalam operasi pasar kali ini, BPOM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, dan Tenaga Kesehatan Kabupaten HSU. “Petugas melakukan pengujian terhadap 30 sampel ikan yang tersebar di pasar tersebut. Hasilnya, 30 sampel ikan segar dan negatif formalin,” ungkap Bambang Hery.

Meski demikian, dirinya menyayangkan masih ditemukannya penggunaan bahan pewarna Rodhamin B, pada sampel makanan, seperti kue apam merah muda dan kerupuk mentah, padahal bahan pewarna tersebut berbahaya jika dikonsumsi. Karenanya pihak BPOM meghimbau kepada pedagang, agar tidak menggunakan pewarna tersebut, demikian Bambang Hery Purwanto.

Penulis : Adiyat
Editor : SA Lingga
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
Facebook Comments