Bimtek  Pendataan dan Penataan Arsip Desa

oleh -84 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), baru – baru tadi, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan dan Penataan Arsip Desa se kabupaten setempat.

Dengan mengambil tema “Mari Kita Wujudkan Deaa Sadar dan Tertib Arsip Menuju HSU MANTAP (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis, dan Produktif)”, ini dilaksanakan di Balai Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah.

Bimtek ini diikuti oleh sejumlah kepala desa, sekretaris desa, para ketua RT dari Desa Tangga Ulin Hilir, Sungai Karias, Tambalangan, Tangga Ulin Hulu, dan Desa Hulu Pasar.

“Sudah menjadi tugas pokok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk memberikan bimbingan tentang pengelolaan arsip desa,” ungkap Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsiapan, H Karyanadi S.Pd M.AP, di Amuntai.

Dijelaskan, sebagian besar desa di HSU masih memerlukan bimbingan untuk penataan arsip desa. Kepala desa, sekretaris desa, dan pejabat desa lainnya, yang telah mendapatkan gaji dari pemerintah daerah, diwajibkan untuk memberikan manfaat bagi daerah, salah satunya dengan kelengkapan arsip desa.

“Karena, Peraturan Daerah mengharuskan pemerintah desa agar mempersiapkan dan menjamin ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya. Setiap tahun kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, akan melakukan audit hasil arsip, misalnya berupa buku laporan pertanggungjawaban yang telah dibuat oleh kepala desa,” terangnya.

H Karyanadi mengharapkan, selalu ada koordinasi antara kepala desa kepada sekretaris desa, dan sekretaris desa mengumumkan ke ketua RT, sehingga tugas lebih terarah.

“Seluruh kegiatan dan hasil yang dilaksanakan di tiap RT pun, harus berdasarkan bukti-bukti otentik. Jadi per 31 Desember setiap tahunnya, harus sudah ada laporan seperti hasil rapat, kegiatan kemasyarakatan dan lain-lain yang diserahkan ke pemerintah daerah. Jadi, dari arsip desa dapat kita lihat bagaimana kinerja desa setiap tahunnya, ” pungkas H Karyanadi.

Penulis: Adiyat
Editor: S A Lingga
Penanggung Jawab: S A Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.kalselpos

Slider

Facebook Comments