Bersama perangi Sampah Plastik

oleh -916 views

Memperingati tiga tahun kepemimpinan Ibnu Sina-Hermansyah, Pemerintah Kota Banjarmasin semakin memantapkan berbagai program untuk mengatasi dan mengurangi sampah plastik di kota itu

 

BANJARMASIN, K.Pos – Ribuan bakul purun dibagikan kepada para pedagang dan pembeli di lima pasar tradisional, pada setiap kecamatan se-Banjarmasin. Gerakan bakul purun launching di Pasar Teluk Dalam, Kamis (14/2) kemarin.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengungkapkan, program pengurangan sampah dan kantong plastik, dengan mengganti menggunakan Bakul Purun di pasar tradisional merupakan salahsatu wujud keberhasilan dalam upaya menekan penggunaan kantong plastik.

Gerakan ini jelasnya, berlandaskan Peraturan Wali Kota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016.

“Launching pembagian Bakul Purun kami harapkan bisa jadi contoh bagi masyarakat, agar mengurangi penggunaan dan menghasilkan sampah plastik. Di Kota Banjarmasin sekarang sudah bisa berkurang 15 persen, sampah plastik yang dibuang ke TPA Basirih,” ucap Ibnu Sina, di sela pembagian Bakul Purun, di Pasar Teluk Dalam, Banjarmasin.

Sejak tahun 2016 jelasnya, pengurangan kantong plastik sudah dilaksanakan di beberapa retail modern di Banjarmasin. Meski ada larangan memakai kantong plastik tapi proses jual beli berjalan lancar dan efektif.

“Larangan itu, sekarang juga diterapkan di seluruh pasar tradisional milik Pemerintah Kota Banjarmasin,” tekannya.

Selain Pasar Teluk Dalam di Kecamatan Banjarmasin Tengah, pemerintah kota juga melakukan sosialisasi diet kantong plastik di Pasar Cemara Kecamatan Banjarmasin Utara, Pasar Pandu di Kecamatan Banjarmasin Timur, Pasar Pekauman di Banjarmasin Selatan, dan Pasar Kalindo Banjarmasin Barat.

Sementara, dukungan dari masyarakat kepada Pemko Banjarmasin untuk mengurangi sampah plastik kian bertambah banyak. Seperti yang dilakukan putra dan putri terbaik Kota Banjarmasin yang bersekolah di SMK N 5 Banjarmasin.

 

Mereka membuat sebuah inovasi jenius berupa mesin pencacah plastik dan mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM.

 

Makanya, dalam launching produknya itu, Walikota Banjarmasin menyatakan sangat mengapresiasinya. Ia langsung memesan mesin pencacah plastik sebanyak 52 unit, untuk ditempatkan di 52 kelurahan se Kota Banjarmasin.

 

“Siswa-siswa SMK Negeri 5 Banjarmasin bisa membuat mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM, makanya ingin berkolaborasi dengan siswa disini untuk sama-sama kita menyatakan perang terhadap plastik, mengurangi sampah plastik,” ujarnya saat menyampaikan sambutannya, Jumat  (14/2).

 

Dibagian lain, perang terhadap sampah dan penggunaan kantong plastik juga dilancarkan melalui gerakan 1000 Sungai 1000 Tumbler.

Bersama ribuan masyarakat kota seribu sungai, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menggelorakan gerakan Melawan Sampah Plastik, dengan cara membagikan 1.250 botol minum (tumbler), di Siring Menara Pandang, Minggu (3/2) lalu.

 

Pembagian botol air minum itu, dimaksudkan agar masyarakat dapat mengurangi pemakaian air minum siap saji berkemasan plastik.

 

“Sekarang di awal tahun 2019, kita ingin melakukan sebuah gerakan bersama-sama untuk mengurangi sampah plastik, dengan menggunakan botol minum tumbler pengganti air kemasan,” ujarnya H Ibnu Sina.

 

TUMBLER – Gerakan 1000 Sungai 1000 Tumbler disosialisasikan kepada masyarakat dan pengunjung di Siring Tendean, Banjarmasin.(istimewa)

 

Bicara tentang pengurangan kantong plastik di Indonesia, H Ibnu Sina mengaku, kota pertama di Indonesia yang berani menerapkan pelarang penggunaan kantong plastik bagi ritel dan toko modern adalah Kota Banjarmasin.

 

Tidak mudah menerapkan aturan tersebut. Awalnya, banyak yang memprotes bahkan memberikan somasi terhadap  kebijakan Pemko Banjarmasin tersebut. Namun sejalan waktu, akhirnya masyarakat kota ini terbiasa.

 

Saat ini, beberapa kota di Indonesia mulai mengikuti jejak Kota Banjarmasin dalam penerapan aturan tersebut. Setidaknya ada 5 kota di Indonesia yang mulai menerapkan aturan tersebut diantaranya, Balikpapa, Bogor, Denpasar, Samarinda dan Kota Banjarbaru.(adv)

 

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==>
https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.kalselpos

Slider