Banjarbaru tertinggi Kasus DBD

oleh -155 views
HM Lutfi Saifuddin

HM Lutfi Saifuddin : “Pemerintah siapkan Anggaran bila Terjadi KLB”

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Total kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kalsel saat ini berjumlah 508 kasus tersebar di 13 kabupaten/kota dan lima penderitanya meninggal dunia.Namun demikian untuk menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) belum memenuhi kriteria tersebut.

Kemudian untuk temuan kasus terbanyak (tertinggi) untuk kasus ini ada di Kota Banjarbaru. “Kalsel belum dinyatakan KLB DBD, karena penilaian untuk penetapan kriteria itu belum terpenuhi,namun berbagai upaya preventif terus diupayakan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalsel H Muslim seusai rapat kerja dengan Komisi IV DPRD Kalsel membidangi kesehatan, Kamis (7/2) di Banjarmasin.

Dikatakannya, untuk korban meninggal dunia akibat DBD ini yakni 3 kasus di Banjarbaru dan masing-masing 1 kasus di Tanah Laut dan Tapin.

Baca Juga ==> Pasien DBD Meningkat – Indosiar Kalsel, Jumat 8 Februari 2019

Kemudian jelasnya, saat ini meski masih jauh dari kreteria KLB, tapi pihaknya tetap meminta dilakukan siaga kewaspadaan dan itu sudah disampaikan, sebagaimana surat edaran Gubernur Kalsel sudah disampaikan sejak di bulan November 2018 lalu.

“Kewaspadaan juga dilakukan di akhir Juli-Agustus dengan melihat fenomena curah hujan yang tinggi. Disamping itu juga melakukan langkah preventifnya, seperti melalui penyuluhan dan imbauan di media massa, termasuk penanganan pasien DBD ini baik di puskesmas, kilinik dan rumah sakit,” ungkapnya.

Facebook Comments