Warga Upau Tabalong Gelar Budaya Dayak Deah

oleh -146 views

TANJUNG, Kalselpos.com – Warga Desa Upau Kabupaten Tabalong menggelar budaya Dayak Deah dalam rangka melestarikan budaya lokal serta memeriahkan tahun baru 2019.

Berbagai atraksi budaya seperti naik manau, permainan tradisional khas Dayak Deah cukup menarik perhatian para pengunjung.

“Gelar budaya ini perlu dilestarikan agar masyarakat bisa lebih mengenal budaya Dayak Deah,” ungkap satu pengunjung dari Kota Tanjung, Erwin.

Pagelaran budaya Dayak Deah sendiri sekaligus mempromosikan wisata Bendungan Kinarum yang dikelola Kelompok Ekowisata Upau.

Ketua Kelompok Ekowisata Kinarum Suparin menyampaikan gelar budaya Dayak Deah ini dilakukan secara swadaya oleh warga setempat.

“Dana hasil pengelolaan obyek wisata Kinarum kita gunakan untuk gelar budaya ini,” jelas Suparin. Melalui pagelaran ini para pengunjung bisa turut menari dan bermain bersama para penari.

Sebelumnya kelompok ekowisata Kinarum Kecamatan Upau mendapat bantuan perahu karet dari Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah IX Banjarbaru.

Fasilitas ini pun dimanfaatkan bagi pengunjung ekowisata Kinarum untuk kegiatan susur sungai sekaligus menikmati panorama hutan di sekitarnya.

Penulis : Antara
Editor : Wandi
Penanggungjawab : SA Lingga

Facebook Comments