Puting beliung Rusak tiga Rumah

oleh -98 views

BARABAI, Kalselpos.com – Angin puting beliung kembali merusak sebanyak tiga buah rumah dan satu buah kandang ayam, di Desa Manta’as, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Senin (28/1) dini hari.

Camat LAU, Muhammad Anhar mengungkapkan, satu buah rumah milik Jakfar yang tinggal di rumah lanting roboh dan rusak berat akibat angin puting beliung.

“Dua buah rumah lainnya yaitu milik Irfan dan Basnah hanya rusak sebagian karena bagian atapnya saja yang rusak, serta satu buah kandang ayam yang belum sempat satu bulan di isi ayam juga turut rusak,” rincinya. Beruntung, akibat bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian materil saja.

Menurut Anhar, pihak kecamatan dan desa pada awal Januari sudah koordinasi terkait wilayah rawan bencana (banjir dan angin), agar intensif menghimbau warga desa wilayah masing-masing untuk waspada dan berhati-hati.

“Jika ada peristiwa yang mengakibatkan korban dan kerugian, agar Pembakal dalam kesempatan pertama melaporkan kepada camat untuk segera Camat koordinasikan dengan Dinas Sosial dan BPBD, atas respon penanganan dan bantuan daruratnya,” ucap camat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HST, Ali Fahmi menerangkan,  sebelumnya pada Minggu (27/1), akibat hujan deras dan angin kencang juga merobohkan satu buah rumah di Desa Tembok Bahalangan, Kecamatan Batang Alai Selatan.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat di Bumi Murakata agar kiranya waspada terhadap adanya ancaman bencana alam berupa terjangan angin puting beliung. “Hampir di setiap Kecamatan di Kabupaten HST berpotensi terkena dampak bencana angin puting beliung,” ujarnya.

Namun menurutnya, kawasan yang cukup rentan diterpa bencana angin puting beliung pada umumnya berada di permukiman yang terbuka dan jarang ditemukan pepohonan atau di daerah rawa. “Kondisi cuaca buruk yakni hujan disertai angin kencang diperkirakan masih berlangsung hingga pertengahan Maret mendatang,” tegas Ali Fahmi.

Penulis : Antara
Editor : SA Lingga
Penanggungjawab : SA Lingga

Bagi pembaca setia website kalselpos.com, Download dan Instal aplikasi kalselpos versi android di Play Store :
Aplikasi Kalselpos.com

Facebook Comments