Polres Tanbu Gelar Pekara Penculikan dan Pencabulan Anak di Satui

oleh -1.241 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kabupaten Tanah Bumbu (Polres Tanbu) menggelar konferensi pers terkait kasus tindak pidana penculikan anak dibawah umur yang terjadi di RT. 06 Dusun II, Desa Satui Timur, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Konferensi pers bersama awak media baik itu media cetak maupun online di gelar di Depan Kantor Polres Tanbu, Selasa (29/1) sekira pukul 11.00 Wita.

Baca Juga ==> Pelaku Penculikan Anak di Satui Ditangkap

Kasus penculikan yang menimpa korban atas nama Vivi Nurlianti (11) pelajar SD di Satui beberapa waktu lalu pelakunya sudah berhasil diungkap oleh tim gabungan jajaran Polres Tanbu, Polsek Satui, Polda Kalsel dibantu masyarakat sekitar.

Ada satu orang pelaku yang tertangkap dan ditetapkan sebagai tersangka yakni Iwan Romansyah alias Iwan (26), laki-laki, warga kelahiran Sumedang 4 Oktober 1992, yang beralamat di Jalan Trans RT 06 Dusun II, Desa Satui Timur, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, yang sempat buron beberapa hari usai melakukan aksi penculikan anak tersebut.

Ternyata pelaku penculikan adalah tetangga korban sendiri yang bekerja serabutan, dan setelah dilakukan penyelidikan ternyata si pelaku juga telah mencabuli korban sebanyak tiga kali secara paksa dalam masa penyekapan.

Kasat Reskrim Tanbu, AKP Alfian Tri Permadi, SIK menjelaskan awal dari penangkapan pelaku mulanya mendapat petunjuk informasi dari warga yang menemukan kendaraan merk Honda Supra warna biru tanpa nomor polisi yang disembunyikan di rerumputan samping jalan trans menuju Dusun II dan Dusun III Desa Satui Timur, yang diduga milik tersangka.

Baca Juga ==> Pelaku Penculikan Anak di Satui Ditangkap

Kemudian anggota reskrim Polsek Satui mendatangi dan mengamankan kendaraan tersebut selanjutnya mencocok nomor SMS yang pernah masuk ke HP ibu korban yang meminta tebusan dengan nomor HP pemilik kendaraan yang disembunyikan tersebut.

Dan memang benar bahwa nomor HP yang meminta tebusan kepada ibu korban adalah milik Iwan Romansyah yang juga pemilik kendaraan tersebut.

Anggota Polsek Satui langsung melakukan koordinasi dengan Jatanras Polres Tanbu dan bergerak cepat untuk melakukan penyergapan dan berhasil membekuk tersangka pelaku.

“Korban sampai saat ini belum bisa memberikan keterangan detail terkait pencabulan atas dirinya karena masih dalam kondisi depresi atau shock, “tandasnya.

Baca Juga ==> Pelaku Penculikan Anak di Satui Ditangkap

Sementara Kabag Ops Polres Tanbu, Kompol Doli Martua Tanjung, SIK dalam konferensi pers mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dan selalu menjaga anak apabila dalam bepergian seperti ke sekolah ataupun saat bermain.

“Selalu dampingi anak dalam setiap kegiatan aktifitas di luar rumah dan selalu waspada”, ucapnya. Diantara barang bukti yang dikumpulkan kepolisian berupa, 1 lembar baju muslim motif loreng warna kuning, putih, hitam dan hijau milik korban yang berlumuran darah, 1 lembar baju singlet warna biru, 1 lembar celana dalam milik korban, 1 lembar celana kolor wanita milik korban.

Kemudian 1 lembar jaket warna ungu putih milik tersangka, 1 lembar celana levis warna hitam, 1 buah HP Nokia milik tersangka, 1 buah tas pinggang milik tersangka, 1 bilah pisau dapur milik tersangka, 1 bilah parang milik tersangka, 1 bilah cutter milik tersangka, 1 unit ranmor merk Honda Beat milik korban, 1 unit ranmor merk Honda Supra milik tersangka, 1 lembar ambal warna merah, 1 lembar sarung warna coklat kotak-kotak, 1 buah obat nyamuk dan 1 buah ceret air dari plastik.

Pelaku diancam hukuman dengan Pasal 81 Ayat (1) Sub Pasal 82 (1) UU No 35 Tahun 2004 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 331 KUHP.

Baca Juga ==> Pelaku Penculikan Anak di Satui Ditangkap

Penulis :syahriadi
Editor :wandi
Penanggung jawab :SA Lingga

Bagi pembaca setia website kalselpos.com, Download dan Instal aplikasi kalselpos versi android di Play Store :
Aplikasi Kalselpos.com

Facebook Comments