Kontes Durian bakal Digelar di Danau Tamiyang

oleh -68 views
PEMKAB Banjar bakal menggelar kontes durian, spanduk terkait kontes durian tersebut nampak terpasang di kawasan Danau Tamiyang yang merupakan lokasi berlangsungnya kontes nanti. (fahmi de musfa)

MARTAPURA, kalselpos.com  – Para pecinta durian di Kabupaten Banjar dan sekitarnya bakal kembali bisa menikmati durian bercita rasa tinggi asli Kabupaten Banjar.

Hal itu lantaran Pemerintah Kabupaten Banjar bakal menggelar Kontes Durian se Kabupaten Banjar pada 22 Januari 2019 mendatang.

Baca Juga ==> Batulicin dibanjiri Buah Durian

Rencananya,  event tahunan tersebut akan dihelat di salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Banjar,  yakni Danau Tamiyang yang berada di Desa Mandikapau Barat,  Kecamatan Karang Intan.

“Kontes durian kita akan jadikan sebagai event tahunan,  saat musim durian tiba, ” jelas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikutura Kabupaten Banjar,  Mochammad Fachry,  saat memimpin rapat persiapan serta meninjau lokasi kontes di Danau Tamiyang,  Selasa (8/1).

Disampaikannya, Juri kontes berasal dari para ahli yakni Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat serta dari  Balai Pengawawasan dan Sertifikasi Benih Banjarbaru.

Diungkapkannya, peserta  merupakan durian yang berasal dari Kabupaten Banjar.  Setiap kecamatan diharapkan mengirimkan 5 varietas unggulan saja agar juri mudah menilai.

Baca Juga ==> Batulicin dibanjiri Buah Durian

Sedangkan penilaian dilakukan terhadap rasa durian,  ukuran buah,  ketebalan daging buah serta warna buah.  “Durian yang nantinya menang kontes,  akan kita usulkan ke Kementerian Pertanian sebagai varietas unggulan asal Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Selain itu pemenang kontes juga akan diikutsertakan pada kontes durian tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara Pembakal Mandikalau Barat,  Abdul Basith berharap digelarnya kontes durian akan semakin mengenalkan Obyek Wisata Danau Tamiyang di desanya.

“Kita akan bersiap semaksimal mungkin menyambut para pengunjung yang nanti hadir ke Danau Tamiyang, ” jelasnya.

Baca Juga ==> Batulicin dibanjiri Buah Durian

Pada kontes durian nanti jua akan menampilkan buah-buahan langka an eksotik Banjar seperti buah kapul,  ramania, bundar dan lainnya.

Tujuannya agar masyarakat bisa mengenal dan menikmati buah-buahan Banjar yang kini sudah jarang ditemukan.

Penulis :Fahmi de musfa
Editor :wandi
Penanggung jawab :SA Lingga

Facebook Comments