Kawasan Wisata Kuliner Wasaka Diresmikan

oleh -239 views
KULINER - Beragam makanan, jajanan, dan minuman sehat dengan harga terjangkau, tersedia di kawasan Wisata Kuliner Wasaka.(istimewa)

Terbentuknya kawasan kuliner di bawah jembatan Banua Anyar itu  merupakan sebuah rasa optimisme masyarakat Kecamatan Banjarmasin Utara menyambut wisatawan atau orang yang berkunjung ke Kota Banjarmasin

 

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Tak salah rasanya bila kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara dikatakan sebagai pusat kuliner kota seribu sungai.

Sebuah kawasan wisata kuliner diresmikan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, yakni Wisata Kuliner Wasaka berlokasi  di Jalan Museum Perjuangan RT.14 RW 2, tepatnya di samping Museum Wasaka, bawah Jembatan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara, Sabtu (5/1) kemarin.

Baca Juga ==> Kepri inginkan maskapai penerbangan dukung sektor pariwisata

Beragam makanan, jajanan, dan minuman sehat dengan harga terjangkau, tersedia di kawasan tersebut. Setidaknya tercatat ada 26 stand dengan 41 macam jajanan serta 76 makanan khas Banjar tersedia di kawasan tersebut.

Menurut H Ibnu Sina, terbentuknya kawasan kuliner di bawah jembatan Banua Anyar itu  merupakan sebuah rasa optimisme masyarakat Kecamatan Banjarmasin Utara menyambut wisatawan atau orang yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Selain bisa menikmati beragam makan dan jajan khas Banjar, para wisatawan bisa menikmati susur sungai. “Kuliner Banjarmasin itu sudah terkenal dimana-mana, rasanya nyaman banar. Seperti Soto Banjar, Ketupat Kandangan, Ketupat Gulai dan berbagai macam kuliner lain,” ujarnya, saat menyampaikan sambutan.

Orang nomor satu di kota berjuluk Seribu Sungai ini berharap, kawasan kuliner yang sudah terbentuk itu dapat menerapkan sistem manajemen keuangan dan pengelolaan secara profesional, sehingga bisa lebih baik dari kawasan kuliner lain. 

Baca Juga ==> Kepri inginkan maskapai penerbangan dukung sektor pariwisata

“Mudah- mudahan 26 stand yang terdaftar hari ini masih ada spacenya, sehingga jika ada yang ingin membuka stand warung di sini masih bisa. Tetapi tentunya dengan syarat harus mentaati peraturan-peraturan yang ada di Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan yang sudah disepakati di kelompok,” katanya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah, para kepala SKPD dan Camat se Kota Banjarmasin.

Sekedar mengingatkan, di Kecamatan Banjarmasin Utara, sebelumnya telah dilaunching kawasan Kuliner Mawarung Baimbai di Kelurahan Sungai Jingah. Kuliner di kawasan tersebut kini sudah cukup maju. 

Yang berkunjung ke kawasan kuliner yang berlokasi di Kampung Banjar itu tidak hanya wisatawan lokal, tetapi para turis manca negara pun juga pernah mengunjungi destinasi kuliner khas Banjar itu. Bahkan, beberapa waktu lalu, dua orang duta besar negara sahabat juga ikut menikmati beragam kuliner di sana.

Baca Juga ==> Kepri inginkan maskapai penerbangan dukung sektor pariwisata

Kawasan kuliner di Kecamatan Banjarmasin Utara, dibentuk oleh Kelompok Sadar Wisata binaan Dias Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin bersama Kecamatan Banjarmasin Utara.

Penulis : Fudail/Rel
Editor : Aspihan
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Facebook Comments