Kader Posyandu ikuti Pelatihan Olahan Pangan

oleh -320 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berikan pelatihan tekhnis pengolahan pangan. Kegiatan ini diikuti  ibu-ibu kader Posyandu dari beberapa desa yang dilaksanakan di showroom Dekranasda HSU, beberapa waktu lalu. 

Pelatihan yang diikuti kurang lebih 20 kader Posyandu ini mengingat, Kurangnya perhatian dari pada orang tua terhadap kebutuhan gizi anak. Hal ini menjadi salah satu problem yang menjadi dasar tingginya angka stanting.

Baca Juga ==> Kader Posyandu ikuti Lomba Pentas Seni

Sehingga berkca dari hak tersebut, Pemerintah daerah bersama masyarakat perlu mengupayakan untuk bersama-sama berpartisipasi menekan permasalahan tersebut. Salah satunya dengan cara pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita. 

Terkait hal tersebut Ketua Tim Penggerak PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid berharap, melalui kegiatan pelatihan pengolahan pangan yang baik.

Para ibu dan kader posyandu desa dapat terus-menerus mempraktekkannya dikehidupannya sehari-hari terutama pengolahan pangan tambahan bagi ibu hamil dan balita yang sangat membutuhkan gizi tambahan.

“Dimana hasil dari pemberian pelatihan ini diharapkan nantinya dapat dipraktekkan oleh ibu-ibu atau kader Posyandu di desa masing-masing dalam berbagai kegiatan seperti kegiatan posyandu sekaligus pemberian makanan tambahan bagi ibu dan balita,” terangnya. 

Baca Juga ==> Kader Posyandu ikuti Lomba Pentas Seni

Ia berpesan kepada peserta kedepan agar tidak pemberian makanan tambahan dikegiatan posyandu menunya kue Ontok atau lontong karenanya gizinya tidak sesuai dengan Ibu hamil dan balita. “Sediakan menu-menu sehat dalam berbagai bentuk kegiatan, tidak melulu menu yang umum digunakan yang nilai gizi tergolong  biasa,” sebutnya. 

Anisah menambahkan, melalui pelatihan pengolahan pangan ini juga nantinya dapat memberikan ide-ide inovatif dalam hal pengolahan makanan, khususnya pemberian makanan tambahan yang menarik dan membuat minat bagi balita.

” Semoga pemberian pelatihan ini, dapat membuat motifasi dan inovasi kepada para kader yang dilatih,” Harap Anisah yang juga merupakan Ketua Dekranasda HSU.

Adapun pelatihan pengolahan makanan sendiri diberikan oleh para tutor yang banyak memanfaatkan bahan-bahan olahan makan yang inovatif, unik dan bergizi seperti olahan Donat Labu Kuning, Soes Goreng Jagung manis, Jagung Manis Lumer,  Kue labu Kuning kenyal.

Baca Juga ==> Kader Posyandu ikuti Lomba Pentas Seni

Penulis : Adiyat/Tim
Editor : A. Syaufi
Penanggungjawab : SA Lingga

Bagi pembaca setia website kalselpos.com, Download dan Instal aplikasi kalselpos versi android di Play Store :
Aplikasi Kalselpos.com

Facebook Comments