Gelapkan uang Kantor, Akbar Rasakan Dinginnya Jeruji Besi

oleh -132 views
tersangka akbar (istimewa)

MARTAPURA, Kalselpos.com – Akbar (21) warga Jalan Sekumpul ujung, harus mempertanggung jawabkan perbuatannya karena melakukan tindak pidana penggelapan jabatan yang telah dilakukannya kepada PT Djarum.

Kejadian ini terjadi di Jalan A Yani, Km 11,500, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Tepatnya di Pt Djarum, Minggu (27/1) sekitar pukul 16.00 Wita.

Baca Juga ==> Gelapkan Tunjangan Guru Oknum Bendahara ditangkap Polisi

Kapolsek Kertak Anyar, Iptu Prastya Yana didampingi Kanit Reskrim, Ipda Cahyo Sugiono mengatakan, Rabu (30/1) pagi, kejadian bermula pada tanggal 21 Januari 2019, sampai dengan tanggal 24 Januari 2019, pelaku menjual barang berupa berbagai jenis roko milik Pt.Djarum ke beberapa toko yang ada di sekitaran wilayah Kecamatan Astambul dan Kecamatan Martapura Kota.

“Akan tetapi uang yang disetorkan kepada pihak Pt Djarum (bagian kasir) sebesar Rp 3.950.000,- (tiga juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah),” ucap Ipda Cahyo.

Disebutkannya, uang yang seharusnya diserotkan berjumlah Rp 15.693.000,- (lima belas juta enam ratus sembilan puluh tiga ribu seratus rupiah). Dikatakan Ipda Cahyo, karena merasa ada kekurangan, Widodo (45) Karyawan Swasta (Promotion Grup Leader Pt djarum) melaporkan ke pihak audit.

“Dari hasil audit terbukti ditemukan bahwa pelaku telah melakukan penggelapan uang setoran yang seharusnya diserotkan Rp 11.743.100,- (sebelas juta tujuh ratus empat puluh tiga ribu seratus rupiah) sehingga langsung dilakukan pengamanan,” terang Ipda Cahyo.

Baca Juga ==> Gelapkan Tunjangan Guru Oknum Bendahara ditangkap Polisi

Selain itu dikatakan Ipda Cahyo, tersangka menggelapkan uang hasil pengembalian roko yang rusak dari pihak grosir dengan total uang sebesar Rp 7.478.250,- (tujuh juta sempat ratus tujuh puluh delapan ribu dua ratus lima puluh rupiah).

Adapun dari kejadian tersebut diatas pihak Pt Djarum mengalami total kerugian sebesar Rp 19.230.350,- (sembilan belas juta dua ratus tiga puluh ribu tiga ratus lima puluh rupiah).

“Tersangka langsung diamankan dengan barang bukti 77 lembar faktur penjualan (Pt Sumber Cipta Multiniaga) dan satu lembar bukti setoran,” kata Ipda Cahyo.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 374 KUHP Penggelapan dalam Jabatan. ” Sekarang tersangka ditahan di Mapolsek Kertak Hanyar untuk di tindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Baca Juga ==> Gelapkan Tunjangan Guru Oknum Bendahara ditangkap Polisi

Penulis :hafiz
Editor :wandi
Penanggung jawab :SA Lingga

Slider
Facebook Comments