DKP HSU akan tingkatkan Perbaikan Gizi

oleh -143 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (DKP HSU) berusaha meningkatkan ketahanan pangan dan perbaikan gizi masyarakat. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (DKP HSU),  Fakhruddin mengatakan, pihaknya tidak dapat melaksanakannya sendirian maka dari itu harus bersinergi dengan Dinas-dinas terkait sehingga diperlukan pembentukan tim dalam pengendalian ketahanan pangan.

Baca Juga ==> Seminar Kesehatan untuk Dukung JKN Meningkatkan Gizi Masyarakat

Menurut Fakhruddin, saat koordinasi tim teknis Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) hal ini juga mengintegrasikan dan menyelaraskan perencanaan pangan dan gizi daerah melalui koordinasi program dan kegiatan multisektoral guna meningkatkan pemahaman peran dan komitmen pemangku kepentingan pangan dan gizi untuk mencapai kedaulatan pangan, ketahanan pangan, dan gizi.

“Sehingga nantinya dapat diselaraskan dan bersinergi dengan masing-masing dinas terkait,” kata Fakhruddin. Kepala Bidang Ekonomi, Sumber Daya Alam, dan Infrastruktur Bappelitbang HSU Radiatam Mardiah menyampaikan tentang pilar RAD-PG, antara lain perbaikan gizi masyarakat, peningkatan aksesibilitas pangan yang beragam, peningkatan pengawasan mutu dan keamanan pangan, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, serta kelembagaan pangan dan gizi.

“Dalam pilar tersebut yang lebih utama di Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah permasalahan terhadap stunting, karena itu kita perlu meningkatkan ketahanan pangan dan gizi dalam mengatasi permasalahan stunting, sehingga diharapkan dapat menekan angka stunting di Kabupaten HSU,” jelas Radiatam Mardiah.

Mardiah menambahkan, pihaknya juga melaksanakan pengawasan terhadap makanan, khususnya jajanan-jajanan, sehingga nantinya dapat terjaga keamanan dan kebersihan makanan yang diperjualbelikan kepada anak-anak.

Baca Juga ==> Seminar Kesehatan untuk Dukung JKN Meningkatkan Gizi Masyarakat

Selain Dinas Ketahanan Pangan, rapat koordinasi ini dihadiri instansi terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Badan Pusat Statistik, BPOM, dan yang terkait.

Penulis : Adiyat/Tim
Editor : A. Syaufi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga‎

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store ==> https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.kalselpos

Slider

Facebook Comments