81 Sekolah terima Penghargaan Adiwiyata

oleh -686 views
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Ir Ikhlas MP

BANJARBARU, Kalselpos.com – Sebagai upaya untuk lebih meningkatkan jumlah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan di Kalimantan Selatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang terpilih menjadi pemenang lomba Adiwiyata di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (31/12/2018).

Gubernur Kalimantan Selatan sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan masyarakat sekolah serta pemerintah daerah, karenanya untuk menunjang kegiatan tersebut melalui DPA -Penungkatan Edukasi dan Komunikasi masyarakat di bidang lingkungan DLH TA 2018 memberikan penghargaan.

Baca Juga ==> 263 Caleg PPP ikuti Sekolah Politik Ke- II

Penghargaan yang diberikan antara lain, berupa piagam penghargaan dan figura, piala Adiwiyata Provinsi, Bak sampah terpilah 5, bibit pohon peneduh dan produktif serta laptop untuk peraih Adiwiyata Nasional dan mandiri tahun 2018.

Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada sekolah untuk menciptakan sikap dan perilaku warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, sehingga menjadi movement atau suatu gerakan masyarakat dalam hal kebersihan, keindahan serta kenyamanan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Ir Ikhlas MP usai memberikan penghargaan, berharap kepada sekolah yang sudah mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi, hendaknya bisa mempertahankan serta meningkatkannya hingga ke jenjang Adiwiyata tingkat mandiri maupun ke tingkat Asean Eco School.

PENGHARGAAN : Penyerahan tropy Penghargaan Adiwiyata kepada sejumlah Kepala Sekolah

“Kami minta kepada para penerima penghargaan agar tidak berpuas diri dan selalu berupaya untuk mengembangkan program dan kegiatan yang bersifat inovasi terhadap lingkungan hidup terutama di sekolah,” harapnya.

Baca Juga ==> 263 Caleg PPP ikuti Sekolah Politik Ke- II

Sementara, sekolah yang berprestasi pada program Adiwiyata baik itu Adiwiyata provinsi Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata mandiri Kalimantan Selatan pada tahun 2018 yakni, sekolah adiwiyata Provinsi, dari usulan 108 sekolah, diperoleh 81 sekolah yang lulus dengan persentase kelulusan sebesar 75%, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar 58% dengan peningkatan sebesar 17%.

Untuk sekolah Adiwiyata Nasional, dari usulan 58 sekolah diperoleh 7 sekolah yang lolos dengan presentasi kelulusan sebesar 12%, untuk tahun ini Adiwiyata tingkat nasional terjadi penurunan.

Untuk sekolah adiwiyata Mandiri, dari usulan sebanyak 31 sekolah diperoleh 20 sekolah yang lolos, dengan presentasi kelulusan 65% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar 50% dengan peningkatan sebesar 15%.

Adiwiyata adalah upaya pembangunan program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga ==> 263 Caleg PPP ikuti Sekolah Politik Ke- II

Mengingat sejarah dan manfaatnya yang sangat besar, Adiwiyata diharapkan bukan sebatas nama program untuk tujuan lomba-lomba saja, tetapi bisa dilaksanakan oleh semua pihak yang peduli lingkungan hidup, karena program ini terbukti mampu membangun karakter generasi bangsa.

Pengelolaan persampahan dan pendidikan berbudaya lingkungan adalah merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan peran serta masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah secara bijak.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Facebook Comments