6 Rumah Sakit tetap Layani Peserta BPJS

oleh -481 views
Kepala Dinas Kesehatan Prov Kalsel, Dr H Muhammad Muslim SPd M.Kes

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sebanyak enam dari 41 Rumah Rakit (RS) di Provinsi Kalsel saat ini tetap melayani peserta BPJS, meski masih dalam tahapan akreditasi dari Kementeian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Saat ini karena keterbatasan personel di lapangan membuat prosesnya memerlukan waktu cukup panjang, apalagi akreditasi ini diberlakukan seluruh Indonesia termasuk Kalsel,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Dr H Muhammad Muslim SPd M.Kes kepada Kalselpos.

Baca Juga ==> BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Bayarkan Klaim Rp 32,4 M

Menurutnya, proses itu masih dilaksanakan secara bertahap, diperkirakan memakan waktu hingga empat bulan lebih. Kemudian, terkait kebijakan pembatasan layanan kesehatan di beberapa rumah sakit tertentu, sebenarnya BPJS tidak salah. Karena MoU kerjasama tersebut mencantumkan standarisasi pelayanan.

“Apalagi ini berkaitan dengan mutu dan kepastian keselamatan dalam penanganan pasien. Hal ini sudah tertuang dalam perundang-undangan tentang RS dan kesehatan sehingga persoalan akreditasi ini wajib dituntaskan,” ungkapnya.

Lanjut pria yang akrab disapa Muslim ini, dari informasi yang didapat proses akreditasi ini bertahap dilaksanakan termasuk klinik kesehatan dan sejenisnya. “Memang ada juga rumah sakit belum memenuhi kriteria akreditasi ini,sehingga telah disampaikan saat ini sudah diajukan kembali untuk di proses,” beber Muslim.

Sementara bebernya, jika melihat kepastian hasil pertemuan terbatas baik dari BPJS, Kemenkes dan intansi terkait lainnya di tingkat pusat, bahwa pelayanan tetap di berikan bagi peserta BPJS di sejumlah RS yang belum akreditasi, sambil menunggu hasil dari proses akreditasi tersebut dipastikan tidak ada kendala dalam pelayanan kepesertaan BPJS ini “Saya kira tidak ada masalah lagi, karena BPJS tetap memberikan jaminan kesehatan bagi kepesertaan,” tutupnya.

Baca Juga ==> BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Bayarkan Klaim Rp 32,4 M

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Bagi pembaca setia website kalselpos.com, Download dan Instal aplikasi kalselpos versi android di Play Store :
Aplikasi Kalselpos.com