Seruyan ingin kembangkan danau potensial setiap desa

oleh -82 views
Pelaksana Tugas Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Seruyan Agus Supriadi  (Ant)

Kuala Pembuang, Kalselpos.com – Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, ingin mengoptimalkan keberadaan danau yang ada di setiap desa untuk dikembangkan dan dikelola melalui regulasi yang tepat untuk menjaga kelestariannya.

“Kami ingin agar setiap desa yang memiliki danau dapat mengusulkannya kepada pemerintah kabupaten untuk dijadikan danau reservasi,” kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Seruyan Agus Supriadi di Kuala Pembuang, Senin.

Danau reservasi adalah danau yang dikelola melalui regulasi khusus yang disesuaikan dengan kearifan lokal warga sekitarnya. Semua kegiatan yang dilakukan di danau akan diatur guna mencegah tindakan negatif yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Diantaranya ikan yang boleh ditangkap memiliki ukuran dan berat tertentu. Begitu juga peralatan yang digunakan harus ramah lingkungan dan tidak mengakibatkan kerusakan di area sekitarnya.

“Danau reservasi bertujuan untuk mempermudah pemerintah kabupaten dan masyarakat menjaga kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem yang ada di dalamnya,” paparnya kepada Antara Kalteng.

Seruyan memiliki kawasan perairan khususnya danau cukup banyak dan potensial untuk dikelola dan dikembangkan. Berdasarkan kajian yang pernah pihaknya lakukan, Kecamatan Seruyan Hilir Timur memiliki sebanyak 123 danau.

Meski jumlahnya cukup banyak namun tidak semua danau dapat dijadikan danau reservasi, karena harus dilakukan kajian secara mendalam untuk memastikan semua persyaratan terpenuhi ataukah tidak.

Danau yang potensial untuk dikembangkan diantarnya memiliki banyak jenis ikan yang hidup dan berkembang biak. Merupakan kawasan tertutup, yaitu jika benih ikan ditebar maka hanya akan tumbuh dan berkembang di kawasan tersebut.

“Yang paling penting danau tersebut haruslah bersih dan tidak terkontaminasi oleh limbah industri dan lainnya yang menyebabkan kerusakan ekosistem,” tutur Agus.

Rencana ini sudah kami sampaikan kepada semua pihak terkait, khususnya pemerintah desa yang memiliki danau potensial di wilayahnya. Diharapkan upaya ini dapat direalisasikan, guna membantu pelestarian lingkungan dan mencegah perusakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sumber : Antara
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Facebook Comments