Seleksi CPNS Tanbu Belum Penuhi Kuota

BATULICIN, Kalselpos.com – Hasil seleksi penerimaaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Tanah Bumbu periode 2018 tahap pertama belum memenuhi kuota yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanah Bumbu, Dahliansyah melalui Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi, Syaikul, Selasa (4/11)  mengatakan jumlah formasi CPNS yang ditetapkan BKN untuk daerah ini sebanyak 201, namun yang lulus seleksi tahap pertama hanya 61 orang dari 3.029 pelamar.

“Rata-rata pelamar CPNS yang mengikuti tahapan ini gugur saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada materi tes wawasan kebangsaan. Aapakah soal yang diujikan terlalu sulit atau passing grade/nilai acuan kelulusan yang ditentukan oleh BKN terlalu tinggi sehingga banyak peserta pada tahapan tersebut gagal,” katanya.

Syaikul menjelaskan, agar kuota yang ditentukan tetap terpenuhi maka BKN memberikan kebijakan baru yang harus diterapkan oleh BKD dengan mengangkat peserta yang tidak lulus SKD menggunakan sistem peringkat.

Agar bisa lulus sistem peringkat bagi yang tidak lulus SKD maka pelamar CPNS sebelumnya memilki nilai hasil tes SKD minimal 255. Maka yang bersangkutan akan melanjutkan seleksi selanjutnya.

Saikul mencontohkan, nilai seleksi SKD yang ditentukan oleh BKN minimal 298 namun pelamar tidak mencapai pada nilai tersebut akan tetapi nilai SKD nya mencapai 255 maka dengan kebijakan baru yang diberikan BKN maka nilai tersebut berhak mengikuti seleksi CPNS selanjutnya.

Dari tahapan-tahapan tersebut masih banyak proses yang harus dilakukan oleh BKD untuk menentukan hasil seleksi CPNS yang benar-benar murni guna memenuhi kuota yang sudah ditentukan oleh BKN.

“Penerimaaan dan seleksi CPNS di Tanah Bumbu dilaksanakan terbuka, transparan dan akuntabel, sehingga tidak ada celah sedikitpun orang yang bisa menjadi calo dalam seleksi penerimaan CPNS tersebut,” katanya.

Menurut dia dalam seleksi penerimaan CPNS kali ini prosedurnya sangat ketat sehingga nilai yang dihasilkan oleh para pelamar benar-benar murni dari hasil pelamar itu sendiri.

Pihaknya juga mengimbau agar jangan percaya dan jangan mau termakan rayuan terhadap orang yang menjanjikan akan meluluskan seleksi CPNS, karena pelaksaanaan CPNS saat ini murni hasil dari para pelamar.

Penulis : Antara
Editor : A. Syaufi
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait