Politisi Senior Balikpapan Haji Sappe Meninggal Dunia

oleh -165 views
Haji Sappe bin Coheng Daeng Pahata (Ant)

Sakit jantung bapak kumat. Saya langsung larikan ke Rumah Sakit Siloam

Balikpapan, Kalselpos.com – Dipenghujung tahun 2018 ucapan dukacita masih mengalir kepada keluarga almarhum Haji Sappe, politisi Golkar dan mantan anggota puluhan tahun DPRD Balikpapan yang meninggal dunia Sabtu (29/12).

“Beliau tokoh Balikpapan dan panutan kita,” kata anggota Komisi III DPRD Balikpapan Gerindra Danang Eko, Minggu.

Haji Sappe bin Coheng Daeng Pahata juga dikenal luas sebagai pengusaha dan aktif di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan. Almarhum meninggal pada usia 67 tahun sebab serangan jantung.

“Di RS Siloam, sekira pukul 10 pagi beliau menghembuskan nafas terakhir,” tutur anak almarhum, Haji Harris.

Karena pengalamannya, tutur Danang, Haji Sappe adalah tempat bertanya mengenai banyak aspek pembangunan Kota Minyak. Dia juga menuturkan terakhir kali bertemu almarhum saat berjamaah salat dzuhur di Masjid Attaqwa, masjid besar di Klandasan, tak jauh dari Gedung DPRD.

Sepanjang hari Sabtu tersebut, suasana duka kental menyelimuti kediaman almarhum di Jalan Rindam, di RT 25 lingkungan Terminal Balikpapan Permai (BP) Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Kota.

Ribuan warga mulai dari keluarga, kerabat, anggota DPRD Balikpapan dan pejabat-pejabat Pemkot datang silih berganti ke rumah duka untuk turut berbelasungkawa. Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi juga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam.

Harris menuturkan bahwa dia tidak menyangka ayahnya akan segera berpulang. Pada Sabtu tersebut, Haji Sappe masih terlihat sehat seperti biasa. Namun, tiba-tiba almarhum mengeluhkan sakit di dadanya.

“Sakit jantung bapak kumat. Saya langsung larikan ke Rumah Sakit Siloam,” cerita Harris. Setelah tiba di RS Siloam, Haji Sappe segera ditangani. Menurut Harris, dokter menyampaikan kepadanya bahwa denyut jantung Haji Sappe sudah tak teratur.

“Hingga pukul 10 pagi dokter bilang bapak sudah meninggal,” katanya.

Almarhum dimakamkan di Pemakaman Muslim Pasar Baru, kawasan tinggi perbukitan yang kini sudah dijepit rumah-rumah penduduk. Istri, keempat anaknya, menantu dan cucu-cucu beserta para kerabat dan sahabatnya mengantarkan mendiang ke peristirahatan terakhirnya.

Sumber : Antara
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Facebook Comments