Pengamanan pusat Kota Sampit ditingkatkan jelang malam tahun baru

oleh -68 views
Kapolsek Ketapang AKP I Kadek Dwi Yoga Sidhimantra, Danramil Mentawa Baru Ketapang Letda Inf Pairin dan Camat Mentawa Baru Ketapang Sutimin saat patroli ke sejumlah pos kamling di Sampit, Sabtu (29/12/2018) malam. (ist)

Sampit, Kalselpos.com – Menjelang malam tahun baru 2019, pengamanan pusat Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, ditingkatkan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta hal tidak diinginkan.

“Kami meningkatkan patroli kamtibmas dan pengecekan pos kamling di wilayah hukum Polsek Ketapang. Kami berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap situasi yang berkembang saat ini agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” kata Kapolres AKBP Mohammad Rommel melalui Kapolsek Ketapang AKP I Kadek Dwi Yoga Sidhimantra di Sampit, Minggu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sampit biasanya akan dipadati ribuan warga yang merayakan malam tahun baru. Warga datang dari berbagai kecamatan, bahkan dari kabupaten tetangga karena tempat hiburan di Sampit memang paling banyak di Kalimantan Tengah.

Polsek Ketapang meningkatkan kewaspadaan karena sebagian besar wilayah pusat Kota Sampit masuk dalam wilayah hukum mereka, termasuk tempat yang diprediksi akan menjadi konsentrasi massa saat malam tahun baru, seperti ikon Jelawat, Taman Kota Sampit serta Citimall Sampit.

Untuk itulah Polres Kotawaringin Timur dan Polsek Ketapang, meningkatkan pengamanan untuk mencegah dan mengantisipasi potensi gangguan. Aparat keamanan berupaya melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Patroli gabungan pun dilakukan dengan mendatangi pos kamling yang ada di wilayah itu. Seperti pada Sabtu (29/12) malam, Kadek bersama Danramil Mentawa Baru Ketapang Letda Inf Pairin dan Camat Mentawa Baru Ketapang Sutimin bersama jajaran, bersama-sama berkeliling menyambangi sejumlah pos keamanan lingkungan.

Pos keamanan lingkungan yang dikunjungi di antaranya di RT 061 RW 07 Teratai V, Metro TV I RT 16 RW 04, Kerampungan RT 48, Nanas IV RT 64 RW 08 serta Jeruk I. Rombongan juga bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat yang hadir saat itu.

Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus dukungan kepada masyarakat yang berpartisipasi aktif menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Ini merupakan langkah tepat dalam mencegah munculnya gangguan keamanan di lingkungan masyarakat.

Masyarakat pun antusias mendapat kunjungan dari tim gabungan. Mereka berkomitmen untuk menjaga lingkungan mereka dari gangguan dari pihak manapun. Setiap pendatang akan didata untuk memudahkan pengawasan dan mencegah hal tidak diinginkan.

Masyarakat harus berperan aktif membantu menjaga keamanan dan ketertiban karena jumlah personel aparat keamanan terbatas. Kepedulian dan informasi masyarakat sangat penting untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang mendapat giliran naga di pos kamling untuk selalu bersemangat dan bersinergi dalam melaksanakan tugas serta waspada terhadap situasi. Warga harus mengadakan patroli di sekitaran lingkungan permukiman warga agar tercipta situasi aman dan kondusif,” ujar Kadek.

Kadek mengimbau kepada masyarakat yang ingin merayakan tahun baru di Sampit untuk menjaga keamanan, tertib dan patuh aturan. Masyarakat diminta tidak melakukan tindakan-tindakan melanggar hukum karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Semua pihak harus turut menjaga keamanan dan ketertiban sehingga perayaan tahun baru berjalan aman, lancar dan tertib. Peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif.

Sumber : Antara
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Facebook Comments