Optimalkan Capaian Pajak PKB

oleh -261 views
PANTAU SAMSAT KELILING - Kepala Bakeuda Kalsel, Drs Aminudin Latif M.Si saat memantau titik-titik kegiatan Samsat Keliling, yang beroperasi siang maupun malam, di Banjarmasin, Sabtu (22/12) malam lalu.

Kepala Bakeuda turun Langsung ke Lapangan

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel, Drs Aminudin Latif M.Si, hingga kini terus memotivasi jajarannya, guna mengoptimalkan capaian target pendapatan daerah, khususnya dari sektor pajak, salah satunya dengan memantau titik-titik kegiatan Samsat Keliling, yang beroperasi siang maupun malam. di seluruh wilayah kerjanya.

 

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pantauan dan motivasi tersebut dilakukan, baik melalui media sosial group WA, FB maupun peninjauan ‘on the spot’ ke lapangan, hingga ke titik titik operasional pundi – pundi pendapatan pajak, khususnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), sebagaimana yang dilakukannya, belum lama tadi.

Aminudin Latif yang mantan Camat Banjarmasin Selatan, ini melakukan silaturahmi ke Samsat night yang beroperasi di halaman Kantor Koramil Banjarmasin Selatan, sebelum melanjutkan peninjauan ke Samsat Night di Siring Tendean, Sabtu (22/12) malam lalu.

Di waktu telah beroperasi Samsat Night Banjarmasin 2, di Siring Menara Pandang Tendean, maksud dan tujuan peninjauan malam hari tersebut, dalam rangka memberikan motivasi petugas di jajarannya, sekaligus mencari masukan, merespon para Wajib Pajak (WP).

Antusiasme WP sendiri, meski saat itu hari turun gerimis, tampak tetap semangat  memenuhi kewajiban mereka membayar pajak. “Kami sangat mengapresiasi wajib pajak sangat antusias memenuhi kewajiban mereka membayar pajak,” ucap Aminudin Latif.

Sebagian WP mengaku tak bisa melakukan pembayaran siang hari karena kesibukan, hingga memanfaatkan mobil layanan operasional Samsat malam hari. Kebijakan Samsat Keliling (Samkel) beroperasi malam hari, yang jumlahnya terus ditambah di seluruh kabupaten – kota di Kalsel, pastinya akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak.

“Bahkan demi kemudahan sekarang, disiapkan mobil ‘Samsat Bergerak’, guna mengantisipasi jika sewaktu – waktu ada kerusakan mobil Samkel, yang beroperasi secara reguler,” terang Aminudin.

Dia menyatakan, kegiatan turun ke lapangan sudah biasa dilakukan sejak menjadi pamong camat. Untuk melengkapi layanan lebih luas lagi, di kantor pusat, juga disiapkan mobil  Samsat Keliling Bergerak Sapu Jagat, dengan prototipe besar, yang bertujuan untuk mengakomodir berbagai medan dan kemungkinan, terjadinya lonjakan pembayaran WP, terlebih menjelang akhir tahun, ungkapnya.

“Selain itu mobil Samsat Sapu Jagat, bertujuan jemput bola kepada masyarakat wajib pajak, agar tidak kesulitan berurusan membayar pajak, meski berbagai wahana layanan telah tersedia, seperti melalui online, e-Samsat, Samsat Corner, bahkan Samsat Online secara Nasional,” demikian Aminudin Latif.

Penulis : Sidik
Editor : S. A. Lingga
Penanggungjawab : S. A. Lingga