Komunitas sepeda Sampit diarahkan bantu membersihkan kota

oleh -121 views
Bupati H Supian Hadi bersama anggota komunitas sepeda membersihkan lingkungan Gedung Olahraga Habaring Hurung Sampit, Jumat (14/12/2018).(Ant)

Sampit, Kalselpos.com – Berbagai komunitas pecinta olahraga sepeda di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, diarahkan melakukan kegiatan sosial seperti membersihkan lingkungan agar kota Sampit semakin bersih.

“Selain berolahraga, lakukan kegiatan bermanfaat lainnya seperti kegiatan membersihkan lingkungan seperti ini. Saya sangat mengapresiasi kepedulian komunitas sepeda terhadap kota ini,” kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Jumat.

Puluhan anggota komunitas sepeda sport membersihkan kawasan Gedung Olahraga Habaring Hurung. Supian yang memang hobi olahraga bersepeda, turut bergabung membersihkan sampah dan menebang dahan pohon yang cukup lebat menutupi kawasan itu.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Kotawaringin Timur H Sidi Ihsan Nur bersama anggotanya bersama-sama membersihkan lingkungan gedung olahraga tersebut. Tidak berapa lama, datang petugas  kebersihan berbekal gergaji mesin dan truk untuk menebang dan membersihkan dahan pohon yang cukup rimbun.

Kegiatan ini memang cukup ringan, namun manfaatnya sangat besar. Selain lingkungan menjadi bersih, kegiatan itu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, bahkan bagi instansi pemerintah yang membidangi itu bahwa masih ada sudut-sudut yang harus dibersihkan.

“Kalau semua komunitas sepeda dan perkumpulan lainnya melakukan kegiatan yang sama, saya yakin Sampit ini akan makin bersih. Kalau lingkungan bersih maka kota ini semakin nyaman dan jauh dari berbagai penyakit,” kata Supian.

Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yang bertekad menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata di Kalimantan Tengah. Sangat ironis jika daerah tujuan wisata banyak sampah dan terlihat kumuh karena wisatawan akan enggan untuk berkunjung.

Diperlukan dukungan masyarakat agar Kotawaringin Timur, khususnya Sampit menjadi bersih. Masyarakat diimbau membuang sampah pada tempatnya dan aktif membersihkan lingkungan masing-masing.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur H Sidi Ihsan Nur mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif spontan dari anggota komunitas sepeda. Saat bersepeda berkeliling kota dan melihat ada lokasi yang dinilai perlu dibersihkan, anggota komunitas sepeda berinisiatif bersama-sama turun membersihkan lingkungan.

“Kawan-kawan anggota komunitas sepeda memang sudah sepakat bahwa mereka berkumpul bukan sekadar untuk berolahraga sepeda, tetapi juga mempererat silaturahmi serta melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat untuk masyarakat dan daerah,” ujar Ihsan.

Saat ini cukup banyak komunitas sepeda yang terbagi pada jenis sepeda, kelompok organisasi seperti instansi maupun komunitas lain. Ihsan mengatakan pihaknya mendorong pehobi olahraga sepeda untuk menjalankan olahraga sepeda sebagai hobi, mengejar prestasi hingga kegiatan sosial yang membawa manfaat bagi masyarakat.

Sumber : Antara
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Facebook Comments