Kodim 1003/Kandangan siap Sukses kan Pemilu

oleh -215 views
Dandim 1003/Kandangan saat menghadiri lauching rumah pintar pemilu Kabupaten HSS. (istimewa)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Disela pelaksanaan lauching rumah pintar pemilu Kabupaten HSS  Dandim 1003 /Kandangan Letkol Inf  Suhardi Aji Sriwijayanto SE memaparkan kesiapan TNI untuk menyukseskan pemilu 2019.

Dandim mengatakan, kegiatan ini untuk memantapkan penyampaian informasi, kesamaan pola pikir, aplikasi tentang kebijakan pimpinan TNI AD, serta evaluasi tindakan para Dandim dalam menyikapi permasalahan pembinaan teritorial di wilayahnya untuk mendukung tercapainya tugas pokok TNI AD.

Baca Juga ==> Kodim Kandangan dirikan rest area bagi para pemudik

Diutarakannya, saat dirinya  menghadiri kegiatan beberapa waktu yang lalu di Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) Bandung dalam kegiatan apel Danrem Dandim terpusat 2018, Senin 26 Desember 2018  lalu.

“Khususnya  menjelang Pemilu 2019 demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Dandim 1003/Kandangan.

Dipaparkannya, pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD, hakikatnya untuk membantu pemerintah secara dini dalam menyelenggarakan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengembangan, pengerahan dan pengendalian potensi wilayah pertahanan dengan segenap aspeknya.

Diterangkannya, Semua itu untuk menjadi kekuatan Ruang, Alat, dan Kondisi Juang yang tangguh serta terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat bagi kepentingan pertahanan negara. “Hal tersebut dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil),” ujarnya.

Baca Juga ==> Kodim Kandangan dirikan rest area bagi para pemudik

Pelaksanaan tugas pokok TNI tidak terlepas dari dinamika perlindungan strategis yang semakin komplek. Hal tersebut dapat mempengaruhi stabilitas keamanan, seperti aksi separatisme, radikalisme, atau terorisme yang mengancam kehidupan bermasyarakat.

Menurutnya, dari dinamika itulah satuan komando wilayah dituntut semakin berat, berdayakan peran Danramil, babinsa ,staf intel,dan Unit intel melaks tugas sesuai fungsinya disamping itu jajaran lakukan binter dg 5 kemampuan teritorial di wil Hss  khususnya pemberdayaan wilayah darat.

“Apalagi semakin dekat dengan pemilu. Momen itu jadi ujian dan pembuktian netralitas TNI terhadap politik praktis. Konsekuensi logis ini tidak berdasarkan kepentingan politis karena TNI milik nasional bukan terkotak-kotakan,” tuturnya.

Aparat komando kewilayahan harus mewaspadai rayuan kelompok-kelompok tertentu atau godaan individu yang berakibat terjerumusnya aparat TNI ke dalam kancah politik praktis.

Baca Juga ==> Kodim Kandangan dirikan rest area bagi para pemudik

Dandim 1003/Kandangan mengharapkan TNI, Polri, dan pemerintah daerah mewaspadai momen menjelang Pemilu 2019 yang berpotensi menimbulkan pelanggaran. Dia mengajak semua pihak untuk berkomitmen mengamankan wilayah dari kerusuhan, unjuk rasa, konflik sosial, dan anarkisme yang berpotensi mengganggu stabilitas.

“Untuk itu, butuh sinergi dan kolaborasi yang kokoh antara TNI, Polri, Pemda, dan elemen masyarakat untuk mewujudkan pemilu damai dan harmonis sebagai syarat mutlak,” jelasnya.

Penulis :wandi/rel

Penanggung jawab :SA Lingga

Facebook Comments