67 Penyandang Gangguan Jiwa masuk DPTHP tahap 2

oleh -511 views

MARABAHAN, Kalselpos.com – 67 panyandang Tuna Grahita (pengidap gangguan mental) masuk Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap 2.

Hal itu seperti yang disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Barito Kuala Rusdiansyah, SP saat ditemui Rabu (5/12) diruang kerjanya.

Baca Juga ==> Permudah Penyandang Disabilitas untuk Memilih di Pemilu 2019

“Untuk sementara dari hasil data pemilih disabilitas DPTHP-2 ada sebanyak 67 orang gangguan jiwa,” beber Rusdiansyah.

Disampaikannya, data yang sudah mereka peroleh dari Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum sampai dengan saat ini 67  orang, dimana keadaan pasien yang ada di dalam data setidaknya harus mempunyai syarat setengah permanen, apabila gangguan jiwa permanen maka tidak akan pihaknya berikan hak pilih.

“Syarat dari gangguan jiwa yang mendapatkan hak pilih setidaknya setengah permanen dan dinyatakan bisa memilih oleh dokter kejiwaan yang menanganinya,” ucapnya.

Dikatakannya banyak kemungkinan bisa terjadi, apabila pihak rumah sakit menyatakan dari ke 67 orang ini salah satunya tiba-tiba “kumat”, walaupun pada saat hari pemilihan ataupun Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap 2 sudah di gelar Rapat Pleno, tidak menutup kemungkinan hak pilih mereka berhak kita cabut.

Baca Juga ==> Permudah Penyandang Disabilitas untuk Memilih di Pemilu 2019

“Untuk Rapat Pleno DPTHP-2 akan di laksanakan hari minggu 9 desember 2018 mendatang. Menurut Rusdiansyah, walaupun mereka mempunyai gangguan Disabilitas, semuanya juga mempunyai hak pilih dalam pemilu 2019 nanti.

Penulis : Hafiz
Editor    : Wandi
Penanggung jawab :SA Lingga