5 Raperda dapat ‘Catatan’ dari Fraksi

oleh -372 views

Lima buah Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) yang disampaikan oleh pihak eksekutif Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ke DPRD setempat, kembali diberikan catatan, masukan, saran bahkan kritikan pada Rapat Paripurna dalam rangka pemandangan umum fraksi-fraksi, belum lama tadi, di Batulicin.

 

BATULICIN, Kalselpos.com – HM Alpiya Rakhman SE MM, Wakil Ketua DPRD Tanbu, saat itu bertidak selaku pimpinan rapat, sedangkan dari pihak eksekutif diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra, Dr Ambo Sakka M.Pd.

Tampak hadir selain anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan perwakilan, Kementerian Agama, Perusda serta Forkopimda setempat.

Dalam kesempatan pertama, pemandangan fraksi disampaikan oleh PDIP, melalui juru bicaranya Muhammad Rahmat, memberikan pertanyaan seputar lima Raperda tersebut.

Adapun Raperda yang dimaksud adalah Raperda RPJMD 2016 sampai dengan 2021, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, tata cara pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian Kades, kemudian Raperda pengelolaan air limbah domestik dan terakhir Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Dikesempatan selanjutnya, Fraksi PKB melalui Hj Rusmiati, intinya mengatakan, “Sangat merespon positif akan rencana perubahan, seiring dengan kepemimpinan yang baru, dan juga sangat apresiasi program yang digalakan oleh Bupati Tanah Bumbu.“

Sedang, Fraksi Gerindra lewat HM Aini mengusulkan agar penyampaian Raperda tidak dilakukan secara serentak, demi efektifitas dan efesiensi waktu pembahasan, agar subtansi sebuah Raperda betul-betul dibahas secara detail dan komprehensif.

 

Fraksinya juga menyarankan dilakukan perubahan visi dan misi agar lebih relevan dengan kondisi faktual  Tanbu sekarang. Dan terakhir, HM Aini meminta  kepada Bapemperda DPRD Tanbu, melibatkan tenaga ahli akedemis sesuai bidang tugasnya dalam pembahasan tersebut.

Sementara itu, Fraksi Golongan Karya melalui H Sayid Umar Alidrus mendukung apa yang telah disampaikan oleh pihak eksekutif. Bahkan, menurutnya, evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah sangat tepat, mengingat saat ini, masyarakat sangat mengharapkan pelayanan maksimal.

“Kami sangat mengharapkan kepada pemda, agar betul betul menempatkan sesuai dengan porsinya, “ pinta Sayid Umar.

Untuk Fraksi Nasdem, Amanat Demokrat dan PPP Keadilan Sejahtera, hanya menyampaikan pemandangan umum fraksinya secara tertulis kepada pimpinan rapat, dikarenakan anggotanya sedang melaksanakan tugas yang diberikan oleh Ketua DPRD H Supiansya ZA SE MH.

Namun pada intinya semua fraksi-fraksi DPRD Tanbu, dapat menerima  dan setuju untuk dilaksanakan pembahasan lebih lanjut sesuai dengan tata tertib, dengan maksud agar lebih detail, cermat, akurat, komprehensif dan sistematis.

Penulis : Rel/Hms
Editor : S. A. Lingga
Penanggungjawab : S. A. Lingga