Sayed Jafar canangkan Kampung KB Sungai Bahim

  • Whatsapp

KOTABARU, Kalselpos.com – Bupati Kotabaru,  H Sayed Jafar didampingi Ketua TP PKK Hj Fatma Idiana Sayed Jafar berserta rombongan Pejabat SKPD menghadiri acara Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan, Sabtu (1/12).

Dalam sambutannya, Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan, dicanangkannya Kampung KB di Desa Sungai Bahim ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan keluarga berencana.

Bacaan Lainnya

Selain itu lanjut dia, juga diharapkan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dapat terwujud.

“Saya menghimbau agar Kampung KB yang sudah terbentuk bukan hanya sekedar nama, tetapi harus hidup dan dijaga keberlangsungannya dengan program program untuk kepentingan masyarakat,” kata Sayed.

Menurutnya, kita semua termasuk mitra kerja dan para pemangku kepentingan punya tanggung jawab besar untuk mensukseskan program KB.

Hadir dalam kegiatan tersebit diantaranya, Sekda Kotabaru H Said Akhmad, Wakil Ketua DPRD Kotabaru H Mukhni AF, Kasdim 1004 Kotabaru, Kapolsek, Danramil, pewakilan Lanal Kotabaru, Pejabat Muspika Kecamatan Pulau Laut Selatan, kepala desa se-Kecamatan Pulau Laut Selatan dan undangan lainnya.

Camat Pulau Laut Selatan, Deswandi mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Bupati Kotabaru beserta rombongan.

Selain itu camat juga mengungkapkan terkait masalah jalan, listrik, masih belum bisa dinikmati seluruh warganya, yakni sekitar 30 Kepala Keluarga yang belum ada listrik.
Sementara,

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kotabaru, Joni Anwar mengatakan, Kampung KB merupakan salah satu program dalam rangka upaya penguatan program kependudukan keluarga berencana.

Termasuk pembangunan keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari-oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Dijelaskan, saat ini merupakan tahun yang ke tiga dilaksanakannya mencanangkan Kampung KB dan untuk Desa Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan ini adalah yang ke-11 untuk tahun anggaran 2018.

“Jumlah penduduk yang ada di Desa Sungai Baim itu berjumlah 918 jiwa, 212 kepala keluarga , yang terdiri dari laki-laki 50 jiwa dan perempuan 418 jiwa,” katanya.

Kemudian program KB bagi pasangan usia subur sebanyak 133 dan yang non peserta KB ada 54 peserta KB nya ada 66.

Jadi kalau melihat hasil dari pendataan yang dilaksanakan di Desa Sungai Bahim ini peserta KB itu ada sekitar 59,39 persen dari jumlah penduduknya.

Masih menurut Joni, dari peserta KB kebanyakan  masih menggunakan pil dan suntik. Sedangkan implan ada hanya 3 orang yang tercatat.

“Selain itu saya melaporkan Desa Sungai Bahim diantaranya, persoalan tempat ibadah untuk listrik mesjid, minta bantuan alat tangkap, asuransi nelayan, ambulan desa, dan lain-lain,” katanya.

Sementara pada kesempatan tersebut juga ada acara penyerahan berupa 2 unit laptop dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan oleh Bupati Kotabaru untuk perpustakaan Desa Tanjung Seloka.

Penulis : Antara
Editor : A. Syaufi
Penanggungjawab S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.