TNI Batang Membangun Desa Dengan Hati

  • Whatsapp

BATANG, Kalselpos.com – Asas manfaatnya yang begitu besar, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pemegang kebijakan di lingkungan TNI, agar dapat terus menyelenggarakan TMMD Reguler dengan meningkatkan segi kualitas dan kuantitas dari objek yang akan dibangun di desa-desa sasaran tertinggal.

Itulah yang disampaikan Danramil 01 Subah Kodim 0736 Batang, Kapten Inf. Sugito, saat dimintai tanggapan terkait manfaat TMMD. Selasa (6/11/18).

Lebih lanjut dijelaskannya, TNI tidak hanya membangun fisik atau infrastruktur saja melainkan non fisik dan kedekatan humanis kemasyarakatan juga di bangun. “Harapan warga di desa tertinggal yang haus pembangunan sangat sederhana, yaitu adanya pembangunan melalui TMMD Reguler diadakan di kabupaten/kota yang sama setiap tahunnya. Jadi bukan rentang 3 atau 4 tahun sekali.” imbuhnya.

Bukan berarti mengesampingkan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah daerah melalui pengembang, namun pembangunan yang TNI lakukan melalui TMMD, jelas-jelas nyata membantu pemerintah daerah untuk mengakselerasi pembangunan di pelosok pedesaan, desa tertinggal maupun terisolir agar minimal selaras dengan desa-desa lainnya yang sudah cenderung lebih maju.

Disamping bertujuan untuk meningkatkan dan mensejahterakan ekonomi rakyat desa sasaran TMMD maupun desa tetangga dengan berbagai pembangunan sarana umum maupun perorangan miskin. Dengan anggaran yang sudah ditetapkan jumlahnya, mustahil para pemborong atau kontraktor umum dapat menyelesaikan pembangunan tersebut dengan waktu dan anggaran yang terbatas. TMMD mampu mewujudkannya, tentunya melalui sinergitas dengan elemen-elemen terkait lainnya serta masyarakat itu sendiri ikut membangun dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi atau sumber daya di wilayah. Tentu kita semua faham betul bahwa, dalam konteks ini, masyarakat sasaran tidak menerima imbalan berupa apapun, mereka rela bergotong royong membantu Satgas TMMD karena apa yang dibangun adalah untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Sekali lagi, TMMD membangun masyarakat dengan hati, mereka diajak ikut membangun dengan mengerahkan segenap potensi wilayah dan turut berperan mengawal pembangunan tersebut. Jadi inilah yang membedakan TMMD dengan pembangunan lainnya.” pungkasnya Sugito.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.