Dandim 1003 : Warga Jangan Bakar Hutan dan Lahan

  • Whatsapp

KANDANGAN, Kalselpos.com – Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, Kodim 1003/Kandangan, memberikan penyuluhan bagi warga Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Dalam penyuluhan karhutla tersebut, Kodim 1003/Kandangan bekeja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik, Kabupaten HSS.

Komandan Kodim (Dandim) 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardji Aji Sriwijayanto, mengatakan, penyuluhan ini merupakan kegiatan sasan non fisik TMMD ke-103 Kodin 1003/Kandangan.

Dikatakan Dandim, dampak pembakaran hutan dan lahan akan merusak lingkungan, dan gangguan kesehatan. “Akibat asap karhutla tersebut, aktivitas masyarakat terganggu dan citra bangsa di mata dunia kurang baik,” ujarnya.

Nah, untuk mencegah terjadi karhutla tersebut, Satgas TMMD ke-103, Kodim 1003/Kandangan, memberikan penyuluhan kepada masyarakat, tentang bahaya membakar hutan dan lahan.
“Melalui penyuluhan diharapkan masyarakat bisa mengerti dan memahami, serta tidak lagi melakukan pembakaran lahan dan hutan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris, Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik, Kabupaten HSS, Makmur, mengatakan, penyuluhan diberikan kepada warga tentang kebencanaan, yakni kekeringan musim kemarau, yang diiringi kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, pada musim hujan terjadi banjir, tanah longsong dan angin puting beliung yang tidak bisa diprediksi datangnya. “Bencana-bencana ini lah yang kerap terjadi di HSS,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya penyuluhan yang diprogramkan dalam TMMD ke-103, Kodim 1003/Kandangan, dapat diantisipasi, sehingga bisa meminimalisir akibat bencana. “Kami harap, melalui penyuluhan masyarakat bisa sejak dini mengantisipasi bencana,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.