Pilot Project Jamban TMMD Disiapkan Membangun Masyarakat Durenombo Batang

  • Whatsapp

BATANG, Kalselpos.com– Jambanisasi merupakan salah satu sasaran tambahan atau over prestasi pembangunan Desa Durenombo Kecamatan Subah dalam TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang. Upaya ini guna menciptakan masyarakat setempat meningkat derajat kesehatan nya. Jumat (2/11/18).

Ini merupakan salah satu bukti kecintaan TNI kepada penduduk Durenombo, dengan harapan kedepannya masyarakat terhindar dari berbagai macam penyakit, karena masih adanya beberapa kepala keluarga yang membuang hajat di sungai atau kebun, sehingga menyebabkan estetika yang kurang sedap dan tidak ramah lingkungan.

Untuk sementara sedang didata dari 686 Kepala Keluarga (KK) di tiga pedukuhan Desa Durenombo yang belum mempunyai sanitasi ini. Kurang lebih 10 jamban sedang dicetak dari bahan semen dan pasir dalam pemanfaatan dan pemaksimalan material TMMD, dipimpin langsung oleh Danki SSK TMMD, Kapten Inf. Sugito, sebagai pilot project.

Dikatakannya, “Kini TMMD Reguler Batang menjawab sudah, dan mencoba mengasimilasi kebiasaan turun temurun yang kurang pantas menurut estetika dengan solusi. Kami juga akan memberikan sosialisasi lapangan kepada warga yang belum mempunyai jamban, agar menghilangkan kebiasaan tidak sehat tersebut. Ya dikasih jamban dan diberi arahan sambil tetap bekerja mengaspal jalan.” ungkapnya.

Sementara Kasi Kesra Durenombo, Amat Mulyo, menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dansatgas TMMD, Letkol Kavaleri Henry R.J Napitupulu, S.Sos, karena telah memberikan bonus pembangunan kepada warganya sekali lagi. Dirinya juga membenarkan bahwa, segenap warganya masih menggunakan kebun dan sungai untuk buang hajat, kebanyakan faktor ekonomi namun sebagian kecil dipengaruhi kebiasaan turun temurun dan kurang sadarnya pribadi yang letak sungai dan kebun ada dibelakang rumah.

Diketahui dalam sasaran Non Fisik TMMD, juga terjadwal penyuluhan jambanisasi dan sanitasi lingkungan tanggal 8 November ini oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Batang. selain itu, pembuatan jamban juga akan disosialisasikan secara umum juga pada tanggal tersebut.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.