Peternak Kambing Durenombo Butuh Penyuluhan

  • Whatsapp

BATANG, Kalselpos.com – Sertu Hartono yang tergabung dalam Tim Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 103,Kodim 0736/Batang menyempatkan diri untuk menimba ilmu pengetahuan tentang cara beternak kambing,dengan harapan suatu saat dapat menciptakan lapangan kerja yang baru dengan berinvestasi beternak kambing.Jumat (2/11/2018).

Menurut Hartono, kegiatan ini Menyenangkan dapat menambah wawasan dalam berternak,sekaligus sebagai hiburan dan silaturrahmi dengan warga sekitar.

“Agar hasil maksimal dalam berternak mereka membutuhkan penyuluhan dari Dinas Peternakan,agar ternaknya lebih sehat sehingga hasilnya bisa menjanjikan,”ungkapnya.

Lanjut Hartono, ternak kambing milik Abdul Halim,(53), warga Dukuh Gepret Desa Durenombo,Kecamatan Subah mempunya 10 ekor kambing dan 25 ekor ayam kampung.

“ Peternak sini belum paham vaksin kambing sebagai pencegahan serangan penyakit, mereka masih merawat ala kadarnya karena keterbatasan ilmu dan pengalaman,”jelasnya.

Abdul Halim,(53), pemilik peternakan Kambing tersebut mengakui, bahwa harapannya mendapat pembinaan intensif dari Dinas Peternakan Kabupaten Batang, agar peternakan Kambingnya semakin maju dan berkembang.

“ Harapan saya Pak TNI bisa jadi penyambung lidah antara peternak kambing dengan dinas peternakan. Saya ingin belajar dari mulai kandang, dan jenis pakan tambahan yang baik,sebagai contoh makanan tambahan yang dibuat khusus secara fermentasi ingin dipelajari,”ungkapnya.

Ia menambahkan, Selain hobi, ternak Kambing juga untuk dapat menghasilkan uang, kambing yang sudah cukup umur dapat dijual dan uangnya dipakai untuk keperluan keluarga.

“ Selama ini saya dalam penanganan penyakit Kambing menggunakan racikan sendiri,karena keterbatasan ilmu peternakan,”pungkasnya.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.